Ingin Hidup Sehat, Ya Harus Dengan Gaya Hidup Sehat

Ingin Hidup Sehat, Ya Harus Dengan Gaya Hidup Sehat
Setiap orang pasti ingin mempunyai tubuh yang sehat. Karena dengan tubuh yang sehat, segala aktivitas yang kita lakukan dapat berjalan dengan lancar. Bila tubuh sehat maka hasilnya kita akan menikmati hidup lebih bebas. Seperti peribahasa yang pernah di dengar sebelumnya, “Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat“. 

Seperti diketahui, tubuh manusia sebenarnya rentan terhadap penyakit, maka dari itu kita diharuskan pandai dalam menjaga kesehatan. Dengan menerapkan gaya hidup sehat yang merupakan salah satu cara untuk selalu menjaga kesehatan kita yang dilakukan dengan tujuan untuk dapat selalu menjaga kesehatan tubuh.

Gaya hidup sehat dapat dilakukan mulai dari mengatur pola makanan, misalnya mengonsumsi makanan sehat, selain itu dapat juga melakukan olahraga dan istirahat yang cukup. Yang nantinya akan mendapatkan kesehatan diperlukan bagi tubuh, supaya dapat menjalankan aktifitas sehari-hari dengan baik. 

Manfaat hidup sehat 
Jika kamu membiasakan tubuh dengan berbagai gaya hidup yang sehat dan baik, maka kebiasaan tersebut pasti akan memberikan timbal baliknya kepada tubuh. Apa saja manfaat menerapkan pola hidup sehat bagi kesehatan tubuh?
  1. Berpikiran positif dan sehat
  2. Dapat tidur dengan nyenyak
  3. Dapat bekerja lebih maksimal serta meningkatkan kinerja
  4. Dapat belajar dengan baik
  5. Merasa damai, nyaman dan tentram
  6. Memiliki penampilan yang sehat
  7. Mendapatkan kehidupan dan interaksi sosial yang baik
  8. Lebih percaya diri
  9. Menghemat pengeluaran untuk kesehatan
  10. Terhindar dari penyakit 

Gaya hidup sehat dapat terdiri dari 2 pola hidup :
Nah, untuk menjaga tubuh kamu agar selalu sehat dan segar, maka kamu harus mengubah pola hidup. Ternyata ada 2 upaya untuk menerapkan pola hidup sehat, dan yang harus kamu perhatikan adalah dengan menjaga pola makan dan pola aktivitas. 

1. Dengan menjaga pola Makan 
Menjaga asupan makan dan juga minuman yang sehat tentunya menjadi sebuah keharusan bagi kamu dalam menjalankan gaya hidup sehat. Karena tubuh memerlukan energi untuk beraktifitas dan energi tersebut berasal dari makanan yang kita makan. Jadi makanan yang kita makan harus mengandung zat-zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti karbohidrat, protein, mineral, vitamin, lemak dan dalam komposisi yang seimbang. Misalnya seperti : 

Membiasakan sarapan pagi 
Demi menjaga aktivitas sepanjang hari, maka sangat penting untuk bisa memberikan asupan nutrisi yang baik pada tubuh di pagi hari. Salah satu caranya dengan sarapan di pagi hari yang dapat membantu kamu dalam memberikan energi tambahan yang dapat menunjang aktivitas sepanjang hari.

Perbanyak konsumsi sayuran dan buah 
Sayuran dan buah merupakan dua hal yang tidak bisa terpisahkan. Keduanya mengandung vitamin dan mineral, serta serat yang dibutuhkan tubuh. Ada banyak vitamin dan mineral penting yang terkandung dalam sayuran dan buah seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, magnesium, seng, kalium, fosfor, asam folat, dan lainnya.

Semua kandungan ini tentu dapat memenuhi kebutuhan nutrisi kamu, yang juga berguna untuk mencegah berbagai macam penyakit. Jadi, tidak ada lagi alasan bagi kamu untuk tidak makan sayuran dan buah setiap hari untuk menerapkan pola hidup sehat. 

Rutin minum air putih 
Tahukah kamu bahwa 50% lebih tubuh kita ini terdiri dari air. Jadi, tanpa adanya air, kita tidak bisa menjaga suhu tubuh normal, melumasi sendi, atau membuang zat yang tidak terpakai dalam tubuh melalui keringat, urin, dan air besar. Sehingga sangat penting untuk kamu bisa mengisi persediaan air sepanjang hari untuk tubuh.

Dengan menjaga pola hidup sehat yang satu ini tidak hanya membantu kamu tetap fokus, tetapi akan membantu tubuh untuk tetap terhidrasi. Untuk itu kita disarankan untuk rutin meminum minimal 8 gelas air putih setiap harinya agar tubuh tetap sehat dan bugar. 

Kurangi konsumsi gula 
Kandungan gula ternyata memiliki banyak dampak buruk bagi kesehatan. Seperti yang sudah diketahui gula merupakan salah satu bahan makanan yang dapat menimbulkan berbagai penyakit jika dikonsumsi berlebihan.

Beberapa penyakit tersebut di antaranya adalah diabetes, penyakit jantung, osteoporosis, sakit kepala, depresi, dan lainnya. Maka dari itu, kurangilah konsumsi gula agar kamu dapat terhindar dari berbagai penyakit tersebut. 

Gunakan suplemen gizi 
Harus tahu, suplemen bukanlah pengganti makanan sepenuhnya. Akan  tetapi kamu perlu mengonsumsi berbagai macam makanan sehat untuk memenuhi kebutuhan asupan makanan kamu sehari-hari. Artinya, suplemen tampil untuk melengkapi atau menambah asupan makan kamu. 

Kesimpulannya kamu dapat mengonsumsi suplemen untuk menunjang kesehatan. Namun, pastikan kamu bijak menggunakannya dan tetap perhatikan pola makan yang sehat serta diimbangi dengan olahraga serta istirahat yang cukup. 

2. Dengan menjaga pola aktivitas 
Menjalani Pola hidup sehat manfaatnya tidak hanya dirasakan dari segi jasmaninya saja, tapi tentu akan berdampak positif bagi rohani juga. Sesibuk apapapun kita, ada baiknya jika menerapkan pola hidup sehat, karena dengan pola hidup sehat tentu akan sangat menunjang aktivitas dan kegiatan kita sehari hari. Dengan menerapkan gaya hidup sehat diharapkan kita akan selalu dapat menjaga kesehatan tubuh. Misalnya seperti : 

Bangun tidur lebih awal di pagi hari 
Banyak orang yang sangat menghiraukan bahkan menyepelekan untuk bangun di pagi hari. Padahal, banyak manfaat yang didapatkan dan berguna bagi kesehatan dengan bangun pagi. Di pagi hari, kamu bisa leluasa menghirup udara segar yang dapat mempengaruhi fungsi otak dan paru-paru yang bisa mencegah kerusakannya. Bahkan, paparan sinar matahari pagi sangat berguna untuk kesehatan kulit dan kekuatan tulang karena kaya akan vitamin D-nya.

Selain itu, dengan bangun pagi, kamu juga memiliki kesempatan untuk sarapan pagi karena sarapan adalah bagian penting dalam memulai hari yang dapat mencegah kerusakan fungsi otak. Nah, mulai sekarang mulailah bangun pagi! 

Membiasakan hidup bersih 
Menjaga kebersihan termasuk cara hidup sehat. Mulailah membiasakan kebersihan, karena itu salah satu cara supaya kita dapat hidup sehat. Selain untuk kenyamanan dan kesehatan, kebersihan juga membuat suasana hati yang baik saat untuk kamu memulai beraktivitas.

Caranya mulailah membersihkan area lingkungan rumah kita, mencuci tangan sebelum makan, mandi secara teratur dan menggunakan pakaian yang bersih. 

Jalani olahraga secara teratur 
Seperti yang sudah diketahui olahraga sangat bermanfaat meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Darah memberi oksigen dan nutrisi pada semua jaringan tubuh sekaligus membuang racun. Peredaran darah yang lancar membantu tubuh kamu terasa senantiasa segar sepanjang hari.

Jadi berolahraga secara teratur sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan, terutama bagi orang yang tidak banyak melakukan aktivitas fisik. Setidaknya dengan melakukan olahraga ringan seperti jogging, bersepeda, ataupun berenang saja sudah dapat meningkatkan kualitas kesehatan kamu. 

Lakukan istirahat yang cukup 
Perlu kamu ketahui bahwa istirahat yang cukup sangat penting untuk kesehatan tubuh. Dengan istirahat yang cukup maka tubuh kita akan kembali segar dan bugar tentunya. Karena jika tubuh disibukan dengan banyak aktivitas setiap harinya dan kurang beristirahat, maka tubuh akan rentan terkena penyakit.

Intinya semakin kamu cerdas dalam membagi waktu untuk beristirahat yang cukup, maka kamu bisa merasa jauh lebih segar lagi. Dan dengan istirahat yang cukup setiap harinya maka kamu pun sudah melakukan cara menjaga gaya hidup sehat dengan baik. 

Menjalani aktivitas meditasi 
Melakukan aktivitas meditasi sangatlah penting untuk di terapkan, hal ini bertujuan untuk menghilangkan stres karena beban pikiran yang sedang di alami yang akan membuat tubuh menjadi drop dan depresi. Maka dari itu dengan memeditasi diri, kita akan bisa meredakan masalah tersebut. 

Untuk itu, meditasi dapat dilakukan oleh siapa pun, di mana pun, dan kapan pun. Aktivitas ini tidak memerlukan peralatan atau biaya khusus. Jika dijalani secara teratur, praktik yang telah ada sejak ribuan tahun lalu ini dipercaya memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk untuk kesehatan mental dalam menjalani gaya hidup sehat. 

Menghirup udara bersih 
Untuk bisa menghirup udara bersih kamu bisa mengawalinya dengan membiasakan diri untuk bangun pada pagi hari, caranya kamu bisa keluar kamar serta menarik napas pelan-pelan secara mendalam. Udara pagi adalah udara yang sangat baik untuk tubuh kamu, sebab udara pagi umumnya belum tercemar dari beragam jenis polusi yang umum terjadi di siang hari. 

Sehingga hal itu bisa membantu kamu untuk membersihkan paru-paru serta memberi udara fresh untuk paru-paru kamu, Selain itu kamu juga dapat menyerap oksigen yang sehat untuk disalurkan ke otak anda. Sehingga kamu akan mudah berpikir lebih baik lagi. 

Menghindari stres 
Beban hidup yang yang berat, terkadang mendatangkan stres. Gejala fisik yang ditimbulkan adalah sakit kepala, sakit perut, meningkatnya tekanan darah tinggi, dada terasa sakit hingga susah tidur.

Dengan menghindari stres dapat dilakukan dengan mengambil waktu untuk rileks, melakukan hobi, yoga atau meditasi agar budaya hidup sehat dapat tercipta. 

Menjalankan Hobi 
Rasanya hampir setiap orang memiliki hobinya masing-masing untuk dilakukan di waktu senggang. Jadi untuk menyegarkan pikiran kamu, lakukanlah berbagai macam hobi yang kamu sukai seperti bermain bola, jogging, membaca, membuat kerajinan tangan, bermain kartu, shopping, dan lainnya.

Tidak hanya membuat pikiran menjadi lebih fresh dan rileks, menjalankan berbagai macam hobi tersebut juga akan membuat tubuh kita beraktivitas dan berkeringat. Jika sudah begitu maka tentu saja dalam menjalankan pola hidup sehat menjadi sesuatu yang mudah untuk dilakukan oleh siapa saja.

Nah, intinya pola hidup sehat bukanlah sebuah pola hidup yang susah untuk dijalani. Hanya saja kita perlu membiasakan diri agar selalu peduli dengan tubuh kita dan menjaganya. Tentunya banyak cara yang harus kita praktekan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti pembahasan gaya hidup sehat di atas, tentunya yang terpenting adalah kita mau memulainya dan mau untuk menjalaninya.


Komentar

  1. Jual Mesin Custom, Murah dan Berkualitas Inovasi Anak Negeri, Konsultasikan Kebutuhan Mesin Anda pada Toko Mesin kami. HUBUNGI: 0852-576-888-55
    Jual Mesin | Toko Mesin

    Mesin Susu Listrik (SULIS) atau Milk Electricity · Pasteurisasi Thermal Modern · Memperlama Daya Simpan Susu Kambing, Kedelai dan Sapi. HUBUNGI: 0852-576-888-55
    Susu Listrik

    BalasHapus
  2. "Selamat siang Bos 😃
    Mohon maaf mengganggu bos ,

    apa kabar nih bos kami dari Agen365
    buruan gabung bersama kami,aman dan terpercaya
    ayuk... daftar, main dan menangkan
    Silahkan di add contact kami ya bos :)

    Line : agen365
    WA : +85587781483
    Wechat : agen365


    terimakasih bos ditunggu loh bos kedatangannya di web kami kembali bos :)"

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

51 Daftar Isi Barang Dagangan Toko Kelentong

12 Buah Yang Mengandung Vitamin C dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Ayo Pakai! Sepatu Futsal Nike, Adidas, Dan Specs Terbaru