Ingin Wisata Religi, Ayo Kunjungi 12 Masjid Unik Di Indonesia


Indonesia tidak hanya terkenal dengan kekayaan, wisata alam, wisata sejarahnya atau kekayaan wisata budaya-nya saja . Ternyata Indonesia ini juga banyak tersimpan kekayaan wisata religi. Bahkan dengan pesonanya tersendiri, kamu bisa melihat bagaimana wisata religi di Indonesia ini memiliki keunikan yang membuatnya lebih menarik dari wisata religi biasa. 

Yang membuat wisata religi di Indonesia ini istimewa karena kawasan wisata religi ini sangat berbaur sempurna dengan wisata alam, wisata budaya dan sejarah yang sudah menjadi khas dari tanah nusantara yang indah ini. Dan salah satunya adalah berwisata religi dengan mengunjungi masjid unik di Indonesia. Itu karena masjid merupakan salah satu saksi hidup perjalanan panjang kejayaan islam di nusantara.

Berikut ini ada beberapa masjid yang memiliki bentuk yang unik yang cocok untuk tujuan wisata religi yang ada di Indonesia. Yuk disimak? 

1. Masjid Al Irsyad
Wisata Religi Masjid Al Irsyad

Masjid Al Irsyad yang berada di Kota Baru Parahyangan, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Masjid ini memiliki arsitektur bangunan yang unik dan tak biasa. Bangunannya kubus minimalis modern dan rancangannya penuh filosofi yang terinpirasi bangunan Ka’bah di Makkah. Masjid ini dirancang arsitek Ridwan Kamil.

Bangunan masjid ini terlihat begitu menarik. Masjid ini memiliki design unik dengan tanpa pilar didalamnya, dan terdapat 99 lampu yang memperlihatkan asmaul husna di setiap sisinya. Keunikan Masjid Al Irsyad juga bisa dilihat dari bentuk mihrab yang dirancang sebagai tempat menghadap Allah dengan konsep 'Keindahan Alam dan Kebesaran Allah'.

Menariknya lagi, nama masjid ini makin populer dan dikenal luas oleh masyarakat setelah mendapat penghargaan bergengsi tingkat dunia. Dari, National Frame Building Association memilih Masjid Al Irsyad menjadi satu-satunya tempat peribadatan di Asia yang masuk 5 besar Building of The Year 2010 yang menempatkan Masjid Al Irsyad masuk dalam kategori bangunan dengan arsitektur unik dan religius.

 2. Masjid Kubah Emas
Wisata Religi Masjid Kubah Emas Dian Al-Mahri

Masjid Kubah Emas Dian Al-Mahri merupakan ikon dari kota Depok yang bisa dijadikan referensi wisata religi masjid unik di Indonesia. Selain itu, ternyata masjid ini yang paling megah yang ada di kota Depok dengan arsitektur yang sangat menawan membuat orang-orang yang berkunjung ke masjid ini sudah pasti akan terpesona. 

Keunikan dari Masjid Kubah Emas Dian Al-Mahri memang terkenal dari Kubah emasnya, ada 5 buah kubah emas, 4 kubah kecil dan 1 kubah utama. selain itu 6 menara yang mengelilingi kubah juga berlapis serbuk emas gold mozaik 24 karat. Jika dilihat dari dekat, kilauan emas akan terlihat lebih jelas. Sementara itu, 5 kubah sendiri menggambarkan rukun islam dan 6 menara melambangkan rukun iman.

Sementara itu, di masjid kubah emas Dian Al-Mahri juga terdapat sebuaha taman yang sangat luas dan asri, dengan rerumputan hijau serta pot-pot bunga yang sudah tersusun rapi sangat cocok untuk memanjakan mata dengan keindahan berbagai jenis pohon dan bunga-bungannya.

Ketika memasuki kedalam masjid kubah emas, kamu akan disuguhkan dengan beberapa ornamen kaligrafi Al-Quran yang begitu indah, selain itu dilangit-langit kubah terdapat sebuah lukisan yang menggambarkan langit. Ternyata bukan kubahnya saja yang dilapisi emas, ternyata hiasan pada tempat imam, pagar dilantai 2, dan 168 pilar juga dilapisi emas. Subhanallah indahnya!

3. Masjid Cipari
Wisata Religi Masjid Cipari

Jika kamu berkunjung ke Garut, Masjid ini yang satu ini bisa menjadi referensi pilihan wisata religi selanjutnya. Masjid ini memiliki arsitektur bergaya Art Deco yakni bangunan bergaya khas Eropa pada umumnya. Yakni Masjid Cipari di Garut.

Masjid Cipari atau Masjid Asy-Syuro adalah salah satu masjid tertua di Garut, Jawa Barat. Masjid yang berlokasi di desa Cipari, kecamatan Pangatikan ini mulai dibangun tahun 1895 dan selesai pada tahun 1936 yang letaknya sendiri berada di lingkungan pesantren. Pendirinya adalah K.H. Yusuf Taudziri. Masjid ini merupakan warisan perjuangan para tokoh pergerakan Indonesia yang masih berdiri kokoh sampai saat ini.

Menariknya, masjid ini memiliki keunikan yang berbeda dengan kebanyakan masjid lainnya di Indonesia, jika melihat tampak luar bentuk bangunan masjid ini mirip dengan sebuah gereja. Hanyalah kubah dan menaranya saja yang menjadi ciri khas yang nampak sebagai masjid.

Selain unik, Masjid Cipari merupakan bangunan cagar budaya yang dilestarikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta masyarakat sekitar. Dan Hingga sekarang, masjid ini masih digunakan sebagai tempat ibadah umat muslim sekaligus Madrasah.

4. Masjid Tiban
Wisata Religi Masjid Tiban

Masjid Tiban, Malang sebuah lokasi wisata religi yang berada di sebelah selatan kota, tepatnya berada di Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Menariknya, Masjid Tiban terkenal karena legenda cerita keajaibannya yang melatarbelakangi masjid ini. Banyak yang percaya bahwa masjid ini dibangun oleh jin dalam semalam, hal ini dikarenakan tidak adanya warga sekitar yang tahu menahu tentang pembangunan masjid.

Namun, semua cerita itu hanyala mitos belaka, Masjid ini sebenarnya milik sebuah pondok pesantren Biharu Bahri’Asali Fadlaailir Rahmah yang dibangun oleh santri dan jamaah pesantren. Masjid ini dibangun sangat indah dan tidak hanya menyediakan tempat untuk sholat, namun juga banyak menyediakan ruangan-ruangan cantik seperti taman bagi putri dan raja.

Selain itu, Masjid Tiban memiliki gaya arsitektur yang unik, yakni perpaduan antara gaya India, Eropa, Arab, dan Cina. Ornamen yang menghiasi masjid ini pun berupa kaligrafi berlapis emas dengan bentuk yang indah serta warna dari ornamen antar ruangan pun berbeda-beda. Untuk mengunjungi wisata religi yang satu ini, pastikan kamu mengenakan pakaian yang sopan yaa.

5. Masjid An-Nurumi
Wisata Religi Masjid An-Nurumi

Wisata religi selanjutnya adalah masjid dengan arsitektur unik yang berada di Yogyakarta yaitu, Masjid An-Nurumi. Masjid ini terletak di Jalan Solo Km 15, Candisari, Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Terletak di di pinggir jalan raya, masjid ini tampak mencolok berkat kubah-kubah berwarna-warni dan bergaya arsitektur khas Rusia.

Bisa dibilang Masjid An-Nurumi masuk dalam salah satu masjid unik di Indonesia karena penampakannya seperti masjid di negeri dongeng. Tidak seperti masjid lainnya yang memiliki kubah pada umumnya, namun kubah Masjid Nurumi sengaja dicat warna-warni seperti permen lolipop. Ternyata Masjid An-Nurumi ini memiliki kubah unik yang bentuknya menyerupai atap Katedral Santo Brasil yang berada di Moskow, Russia.

Meski Masjid ini mempunyai ukurannya tak terlalu besar. Namun, masjid ini bisa memberikan keteduhan bagi para pengendara yang ingin beristirahat sejenak dan menjalankan ibadah sebelum melanjutkan perjalan.

6. Masjid Muhammad Cheng Ho
Wisata Religi Masjid Muhammad Cheng Ho, Surabaya

Salah satu destinasi unik yang bisa dibuat rekomendasi wisata religi adalah Masjid Muhammad Cheng Ho yang berada di Jalan Gading No 2, Surabaya. Masjid ini memliki arsitektur perpaduan antara Arab dan China yang menarik untuk dikunjungi. 

Masjid Muhammad Cheng Ho Surabaya merupakan Masjid pertama di Indonesia yang mempergunakan nama muslim Tiong hoa. Masjid Muhammad Cheng Ho memiliki Arsitektur yang menarik dengan perpaduan budaya Islam dan China. Hal ini tampak jelas pada bangunannya menyerupai kelenteng yang didominasi warna antara merah, hijau dan kuning keemasan.

Ketika memasuki masjid terlihat pintu masuknya menyerupai bentuk pagoda. kemudian ada juga relief naga dan patung singa dari lilin dengan lafadz Allah dalam aksara Arab. Sementara itu nama Ceng Ho sendiri diambil dari nama seorang Laksamana asal China yang beragama Islam. Menariknya, di salah satu dinding bagian luar masjid terdapat relief Laksamana Cheng Ho.

7. Masjid Raya Sumatera Barat
Wisata Religi Masjid Raya Sumatera Barat

Masjid Raya Sumatera Barat merupakan salah satu masjid kebanggan masyarakat Sumatera Barat, khususnya kota Padang. Masjid terbesar di Sumatera Barat ini, terletak menghadap Jalan Khatib Sulaiman, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang. Masjid ini terkenal dengan keunikannya sehingga menjadi destinasi wisata religi bagi yang berkunjung ke ibukota Sumatera Barat ini.

Semua itu terlihat dengan bentuk masjid yang tidak biasa, yakni struktur bangunan berbentuk atap rumah adat Minangkabau yang bergonjong, lancip ke atas menjulang, berbentuk empat persegi, tanpa kubah. Lalu desain interiornya juga tampak megah dan indah yang dipercantik dengan ukiran kaligrafi menghiasi masjid. Kemudian ada Mihrab masjid menyerupai Hajar Aswad. 

Menariknya, Masjid Raya Sumatera Barat memakai rancangan yang dikerjakan oleh arsitek Rizal Muslimin, pemenang sayembara desain yang diikuti oleh 323 arsitek dari berbagai negara pada 2007 lalu. Dari ratusan peserta, 71 desain masuk sebagai nominasi dan diseleksi oleh tim juri yang diketuai oleh sastrawan Wisran Wahid.

8. Masjid Perahu
Wisata Religi Masjid Perahu

Satu lagi bangunan masjid unik yang dapat dikunjungi sebagai destinasi wisata religi selanjutnya yakni sebuah masjid yang berada di Jalan Casablanca, Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan. yang memiliki bangunan berbentuk seperti perahu yang tepat berada di sebelahnya. Yakni Masjid Al-Munada Darrusalam.

Masjid Al-Munada Darrusalam atau juga terkenal dengan sebutan Masjid Perahu, sebenarnya bangunan berbentuk perahu yang berada di sebelah masjid ini dibangun terispirasi dari kisah Nabi Nuh as. Dimana bangunan berbentuk perahu tersebut difungsikan sebagai tempat wudhu yang di dalamnya terdapat sepuluh kran air dan juga enam toilet.

Keunikan Masjid Perahu tak berhenti sampai di situ saja. Ternyata di dalam masjid ini terdapat tiang dari kayu jati dengan ukiran ayat-ayat Al-Quran. Selain itu, juga tersimpan Al-Quran kuno berukuran raksasa yang dikelilingi oleh bebatuan giok yang dibingkai kaca di dalam masjid perahu ini.

9. Masjid Menara Kudus
Wisata Religi Masjid Menara Kudus

Destinasi wisata religi yang satu ini merupakan sebuah masjid peninggalan anggota Wali Songo, yakni Sunan Kudus yang menyebarkan agama Islam di daerah Kudus kala itu. Namanya Masjid Menara Kudus terletak di daerah Kauman, Kecamatan Kota Kudus, Jawa Tengah. Dibangun pada tahun 1549 Masehi atau 856 Hijriah.

Terbilang Masjid Menara Kudus yang disebut juga sebagai mesjid Al Aqsa dan Mesjid Al Manar ini adalah masjid yang memiliki keunikan dari bangunan menaranya berbentuk candi bercorak Hindu Majapahit.

Menariknya, masjid ini dibangun dengan menggunakan batu dari Baitul Maqdis dari Palestina sebagai batu pertama. Dan hingga kini Masjid Menara Kudus  masih sangat lestari dan menjadi pusat perhatian di kota Kudus.

10. Masjid Terapung
Wisata Religi Masjid Terapung Amirul Mukminin

Masjid Amirul Mukminin atau lebih populer disebut dengan nama Masjid Terapung. Masjid ini adalah salah satu masjid kebanggaan Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Dijuluki sebagai masjid terapung, sebab lokasinya berada di pinggir laut daripada Pantai Losari.

Masjid ini terdiri dari tiga lantai, selain berfungsi sebagai sarana ibadah, juga akan menjadi tempat wisata. Satu lantai, yakni di bawah kubahnya, bisa ditempati warga melakukan reakreasi khususnya melihat sunset Pantai Losari yang kini masih menempati deretan sunset terindah di Indonesia.

Menariknya lagi masjid ini di sebut sebagai masjid terapung pertama yang ada di Indonesia. Masjid mampu menampung kurang lebih 500 jamaah. Dan jika kamu berencana untuk berwisata ke Makassar, cobalah mampir ke Masjid Terapung ini sebagai tujuan wisata religi yang berkesan.

11. Masjid Perut Bumi
Wisata Religi Masjid Perut Bumi

Bagi kamu pecinta wisata religi mungkin sudah tidak asing dengan masjid satu ini. Yaitu Masjid Perut Bumi atau Masjid Aschabul Kahfi Almaghribi yang memang terletak di dalam bumi alias di bawah tanah. Masjid unik ini menjadi salah satu tujuan wisata religi umat muslim yang terletak di Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Sebelumnya bangunan ini merupakan sebuah gua yang tidak ter-urus, dan dijadikan tempat pembuangan sampah. Namun, sejak tahun 2002 yang lalu tempat ini diubah menjadi masjid dan pondok pesantren yang unik oleh Kyai Subhan Mubarok. Untuk digunakan sebagai tempat ibadah tetapi juga tempat para santri belajar agama.

Ketika melangkah ke area masjid, kamu akan terkejut dengan banyakya kaligrafi Al-Quran yang terukir indah di sepanjang dindingnya. Namun, ketika masuk lebih dalam menelusuri bagian dalam masjid ini, kamu akan menemukan banyak bebatuan alam yang alami yang masih dibiarkan menggantung sebagai langit-langit di masjid yang unik ini.

12. Masjid Pintu Seribu
Wisata Religi Masjid Pintu Seribu

Masjid Agung Nurul Yaqin atau sangat populer disebut Masjid Pintu Seribu yang berada di Kampung Bayur, Kelurahan Periuk Jaya, Kecamatan Periuk, Tangerang, Banten, yang juga harus menjadi tujuan dari salah satu destinasi wisata religi selanjutnya.

Masjid ini memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan masjid lainnya karena. Dimana, masjid ini yang konon katanya memiliki pintu sejumlah seribu yang meggambarkan makna, banyaknya jalan yang lalui oleh setiap orang dalam kehidupan ini, tentunya hanya  ada satu tujuan dalam hidup ini yaitu akhirat.

Menariknya, Selain untuk ibadah masjid ini juga bisa di pakai untuk wisata Ziarah. Dimana, masjid ini juga terdapat sebuah makam ulama sekaligus pendiri masjid yaitu, Syekh Ami Al Faqir.

Itulah beberapa masjid yang memiliki arsitektur unik, indah dan megah. Sebenarnya masih banyak lagi masjid di Indonesia, namun belum bisa di jabarkan satu persatu. Nah buat Kamu yang ingin berwisata religi gak ada salahnya buat datang ke salah satu masjid unik diatas, dijamin kamu akan dibuat takjub dengan keunikan dan kemegahannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

51 Daftar Isi Barang Dagangan Toko Kelentong

12 Buah Yang Mengandung Vitamin C dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Ayo Pakai! Sepatu Futsal Nike, Adidas, Dan Specs Terbaru