5 Tips Mencari Pekerjaan untuk Lulusan SMK/SMA Sederajat


pencarian kerja


Untuk sekarang ini, Setelah tiga tahun bersama alat alat tulis, buku buku pelajaran, dan tugas tugas yang diberikan guru dan setelah lulus nanti apa langkah selanjutnya? Mungkin kebanyakan lulusan SMK/SMA sederajat akan melanjutkan ke bangku kuliah. Akan tetapi bagaimana jika mereka yang tak kuliah, tetapi malah memilih untuk bekerja? Kira-kira pekerjaan apa yang bisa mereka dapatkan dengan lulusan SMK/SMA sederajat?

Setelah menjalani bangku sekolah menengah tingkat atas, baik itu SMK atau SMA sederajat, tentu tidak semuanya para pelajar yang baru lulus langsung melanjutkan pendidikan ke tingkat lebih tinggi. Dan biasanya, para pelajar yang baru lulus itu akan dihadapkan dalam dua pilihan antara ingin melanjutkan untuk kuliah atau bekerja. Tak jarang juga dari mereka yang sudah memutuskan untuk bekerja daripada melanjutkan kuliah, dikarenakan situasi kedaaan perekonomian dan banyak hal lainnya.

Tetapi di zaman yang sekarang ini, karena sudah terlalu banyaknya tenaga kerja yang tidak sebanding dengan jumlah lapangan pekerjaan yang disediakan, maka harapan untuk bekerja bagi lulusan SMK/SMA bisa dibilang terbatas dikarenakan persaingan yang cukup ketat. Sehingga untuk mencari pekerjaan dengan ijazah lulusan SMK/SMA pun terbilang sulit. Dan sudah banyak diantara mereka yang baru lulus dari SMK/SMA yang dengan terpaksa harus menganggur untuk beberapa waktu untuk menunggu suatu panggilan pekerjaan.

Untuk mereka yang memilih bekerja, tentu harus cekatan dalam mengambil tindakan dengan berbagai upaya, seperti harus sering mencari infomasi lowongan pekerjaan, dan harus pandai dalam mencari pekerjaan terbaru supaya lebih mudah dalam mendapatkan pekerjaan.

Akan tetapi apapun kenyataannya nanti, bagi mereka yang bekerja setelah lulus SMK/SMA sederajat sudah menjadi keharusan, baik itu untuk membantu perekonomian keluarga atau bekerja sebagai upaya dalam melajutkan perkuliahan yang tertunda. Untuk pekerja lulusan SMK/SMA sendiri bisa dibilang belum memiliki pengalaman kerja, Maka dari itu prestasi dan kekreatifan dalam diri sendiri yang seakan-akan menjadi modal utama.

Maka perlu diketahui beberapa tips berikut ini supaya bisa mendapatkan pekerjaan dengan mudah.

1. Rajin Mencari Informasi Lowongan Pekerjaan

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya dengan rajin mencari informasi lowongan pekerjaan tentu akan mempermudah peluang kita dalam mendapatkan pekerjaan. Tentunya sekarang ini sudah banyak cara yang bisa kita lakukan, seperti memanfaatkan internet atau media sosial agar bisa dengan mudahnya mencari informasi loker terbaru yang sesuai dengan keahlian kita. Atau kita juga bisa bertanya pada teman teman dan alumni yang sudah bekerja, yang dulu kita kenal pada waktu sekolah dengan menanyakkan tentang lowongan pekerjaan yang ada di tempat dia bekerja.

2. Mencari Informasi Lowongan Pekerjaan di Internet dengan Sumber Terpercaya

Di zaman yang sekarang ini, perkembangan teknologi informasi yang maju membuat semua orang semakin mudah mencari informasi yang didapatkan. Oleh karena itu, kita bisa memanfaatkanya untuk mencari informasi lowongan pekerjaan dari internet tanpa harus panas panas mencari lowongan pekerjaan kemana mana. Dan sekarang ini sudah banyak sekali perusahaan yang menayangkan lowongan pekerjaan lewat internet, dengan berbagai macam penempatan posisi, kualifikasi, dan persyaratan tertentu, serta pengiriman surat lamaran yang beragam mulai dari via kantor pos, via e-mail, dan lainnya. Dan sebagai catatan bila mengirim lamaran pekerjaan lewat internet pastikan informasi lowongan tersebut tidak deadline atau sudah berakhir masa berlakunya dan biasanya tulisan deadline itu sendiri berada di bagian pojok kiri paling bawah dari tulisan informasinya, karena apabila batas pengiriman lamaran sudah berakhir tentu lamaran yang di kirim pun akan sia-sia.

Tentunya, pastikan informasi yang didapatkan harus dapat dipercaya yaitu bersumber dari website resmi perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan itu sendiri. Dikarenakan sudah banyak sekali penipuan penipuan yang mengatasnamakan lowongan pekerjaan. Bahkan sudah banyak  kasus penipuan yang sudah terjadi. Jadi untuk itu, kita haru lebih berhati-hati saat mencari informasi lowongan pekerjaan melalui internet, baik itu dari media massa, media sosial, dan situs pencari kerja lainnya.

3. Mencari Informasi Pekerjaan dengan Memanfaatkan Aplikasi Pencari Lowongan Pekerjaan

Memanfaatkan aplikasi di handpone android merupakan salah satu cara berikutnya agar bisa melamar pekerjaan dengan mudah. Ialah dengan menggunakan aplikasi pencari lowongan pekerjaan, Tentunya kita bisa mendapatkan aplikasinya dengan mendownloadnya terdahulu di Google playstore. Terbilang sudah cukup banyak orang yang sudah mendapatkan pekerjaan dengan menggunakan aplikasi pencari lowongan pekerjaan ini. Untuk itu kita harus memilih situs aplikasi terpercaya untuk menghindari penipuan ataupun yang sejenisnya. Dan berikut aplikasi terpercaya dengan memiliki jumlah rating yang cukup tinggi serta terdapat banyak ulasan, seperti Karir,Indeed, dan Jobstreet yang memang pengiriman lamaranya sendiri bisa dikirim via aplikasi tersebut atau via e-mail yang langsung terhubung dengan perusahaan dan yayasan penyalur tenaga kerja.

4. Mengikuti Acara Job Fair

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan mengikuti acara job fair yang berlangsung. Job Fair merupakan acara tahunan yang biasanya diadakan oleh pemerintah atau perusahaan-perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan baru. Biasanya  acara Job Fair sendiri di langsungkan didalam gedung Mall Perbelanjaan atau ditempat lahan terbuka. Dimana yang di dalamnya terdapat berbagai macam nama perusahaan yang sedang membuka lowongan pekerjaan. Sehingga di acara tersebut kita bisa melamar pekerjaan lebih dari satu perusahaan. Intinya kalau mengikuti job fair tentu harus menyiapkan lamaran sebanyak banyaknya.

5. Memperbanyak Relasi dan Bersosialisasi dengan banyak Teman

Bersosialisasi dengan ikut bergabung dengan suatu komunitas atau kelompok dengan tujuan yang sama yaitu melamar pekerjaan. Ini merupakan langkah yang baik untuk mencari solusi bersama tentang jenis pekerjaan yang sedang dicari. Sehingga akan saling membantu untuk bisa memperkenalkan kita kepada perusahaan yang dilamar. Untuk itu, dalam hal ini kita harus bisa memperluas wawasan dengan memperbanyak relasi untuk mengetahui informasi pekerjaan dan harus bersosialisasi yang akan mempermudah kita mendapatkan pekerjaan.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk yang baru lulus SMK/SMA sederajat yang sedang mencari pekerjaan. Dan yang terpenting kalian harus banyak berdoa dan harus terus berusaha dalam mencari berbagai informasi lowongan pekerjaan.

Tetap Semangat Para pencari Pekerjaan!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

51 Daftar Isi Barang Dagangan Toko Kelentong

12 Buah Yang Mengandung Vitamin C dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Ayo Pakai! Sepatu Futsal Nike, Adidas, Dan Specs Terbaru