Wisata Sejarah Di Jakarta Dalam Memperingati Kemerdekaan Indonesia

Kabarmata - Tahun ini, hari ini, dan sampai detik ini, Indonesia merayakan Hari Kemerdekaan. Seluruh rakyat Indonesia bersuka cita, dengan mengenang kembali perjuangan serta pengorbanan para pejuang bangsa ini untuk membebaskan bumi Indonesia tercinta dari tangan para penjajah.

Berbagai acara 17 Agustusan, diadakan untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan nasional, seperti upacara bendera, memperingati detik-detik proklamasi , lomba tujuh belasan, serta selalu bersyukur atas kemerdekaan yang telah diraih Bangsa Indonesia.

Tentunya ada banyak cara untuk mengenang perjuangan para pahlawan dalam meraih kemerdekaan. Salah satu cara untuk mengisi hari bersejarah tersebut bisa diisi dengan mengunjungi  tempat-tempat wisata sejarah yang menceritakan perjuangan bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaan. Pastinya, ada beberapa tempat wisata sejarah yang berlokasi tak jauh-jauh dari sekitaran Jakarta, serta ada hubunganya langsung dengan hari proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Berikut tempat-tempat wisata berejarah di Jakarta dalam meraih kemerdekaan.

Museum Perumusan Naskah Proklamasi
gedung museum naskah proklamasi
Foto by Kemdikbud.go.id

Museum Perumusan Naskah Proklamasi merupakan gedung yang dibangun sebagai monumen peristiwa perumusan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia. Ketika memasuki museum yang memiliki dua lantai itu, pengunjung akan langsung merasakan suasana seperti kembali ke masa lalu. Dimana pengunjung museum akan melihat berbagai replika seperti patung Bung Karno, Bung Hatta, dan Ahmad Soebardjo yang sedang merumuskan naskah Proklamasi. Adapun patung Sayuti Melik bersama B.M. Diah yang sedang mengetik teks naskah Proklamasi. Untuk itu ruangan-ruangan di museum ini ditata sedemikian rupa hingga menyerupai suasana pada saat sebelum terjadinya detik-detik Proklamasi. 
Tentunya pengunjung bisa mengambil gambar di dalam museum dan bisa memesan pemandu pribadi untuk berkeliling dan menjelaskan benda-benda bersejarah yang ada di museum.

Situs Web
http://www.munasprok.or.id/

Alamat
Jalan Imam Bonjol No. 1, Menteng, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10310

Hari & Jam Operasional
Selasa-Minggu, Jam 08.00-16.00 WIB
Jum'at, 08.00-11.00 dan 13.00-16.00 WIB 
Senin dan Hari Libur Nasional TUTUP

Harga Tiket Masuk
Anak-anak Rp. 1000
Dewasa Rp. 2000

Taman Proklamasi
taman proklamasi jakarta
Foto by beritadaerah.com

Taman  Proklamasi atau disebut tugu peringatan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia. Pada Taman ini juga terdapat monumen dua patung Soekarno-Hatta yang berukuran besar berdiri saling berdampingan, yang memang sangat mirip dengan dokumentasi foto ketika naskah proklamasi pertama kali dibacakan. Selain itu juga terdapat patung naskah proklamasi yang terbuat dari batu marmer hitam, dengan bentuk serta susunan tulisan sangat mirip dengan naskah ketikan proklamasi yang asli. 
Dan pastinya, tempat ini menjadi tempat wisata sejarah pilihan untuk liburan favorit bagi keluarga untuk berkunjung, sekaligus menambah  pengetahuan tentang sejarah kemerdakaan.

Alamat
Jalan Proklamasi, Pegangsaan, Menteng, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10320
Hari & Jam Operasional
Selasa-Minggu, Jam 08.00-20.00 WIB
Jum'at, 08.00-11.00 dan 13.00-20.00 WIB
Senin dan Hari Libur Nasional TUTUP
Harga Tiket Masuk
Gratis Untuk Umum

Monumen Nasional
monumen nasional jakarta
Foto by gonback.com

Siapa yang tak kenal dengan monumen yang satu ini? yang sampai saat ini menjadi Icon Kota Jakarta, Indonesia. Monumen ini bisa menjadi ide menarik untuk mengisi waktu senggang  dan hari libur. Monumen Nasional atau biasa disebut Monas adalah monumen peringatan yang didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari Kolonial Hindia Belanda. Monumen ini mulai dibangun pada tanggal 17 Agustus 1961 di bawah pemerintah presiden Soekarno, dan dibuka untuk umum pada tanggal 12 Juli 1975 di bawah pemerintahan Presiden Soeharto. Di dalam museum terdapat  51 kotak diorama yang memperlihatkan sejarah Indonesia dari masa Pra-sejarah, orde lama, sampai orde baru dan terdapat naskah asli teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang disimpan dalam kotak kaca di ruang kemerdekaan. Dan diatas Puncak Tugu Monas yang memiliki ketinggian 132 meter, dibuat Mahkota Lidah Api Berlapis Emas yang melambangkan semangat perjuangan yang tidak akan pernah padam.

Situs Web
http://www.museumnasional.or.id/

Alamat
Gambir, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta
Hari & Jam Operasional
Setiap Hari, Pukul 08.00-22.00 WIB
Harga Tiket Masuk
Anak-anak Rp.15.000
Dewasa Rp.20.000
Museum Sejarah Jakarta
gedung museum fatahillah
Foto by kamerabudaya.com

Museum Sejarah Jakarta atau yang lebih dikenal sebagai Museum Fatahillah, Kota Tua, Jakarta. Yang semulanya, Kota Tua merupakan kawasan Kolonial Belanda di fungsikan sebagai pusat perdagangan di Asia. dan Kota Jakarta pada saat itu dikenal dengan nama Batavia yang menjadi pusat perdagangan dari dalam dan keluar negeri dengan jalur pelayaran.
Tempat ini merupakan salah satu rekomendasi liburan selanjutnya untuk mengisi peringatan Kemerdekaa Indonesia. Menarikanya, museum ini adalah tempat yang tidak pernah sepi dari pengunjung wisata siang ataupun malam. Oleh karena itu disekitaran kota tua diadakan berbagai macam acara kesenian.

Alamat
Jalan Taman Fatahillah No.1, Kota Tua, Pinangsia, Tamansari, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta 11110

Hari & Jam Operasional
Selasa-Minggu, Jam 08.00-17.00 WIB
Jum'at, 08.00-11.00 dan 13.00-17.00 WIB
Senin dan Hari Libur Nasional TUTUP

Harga Tiket Masuk
Anak-anak Rp. 1.000
Dewasa Rp. 2.000

Gedung Joang 45
museum gedung joang45
Foto by flickr.com





Selain berlibur ke tempat-tempat wisata alam, tak ada salahnya jika sesekali meluangkan waktu untuk mengisi liburan dengan mengunjungi tempat wisata yang penuh dengan nilai sejarah. Gedung Joang 45 adalah salah satu museum yang berada di Jakarta. Museum yang diresmikan oleh presiden Soekarno pada tahun 1974 yang pada awalnya difungsikan sebagai Hotel milik seorang warga Negara Belanda. Pada waktu itu bernama Hotel Schomper, nama tersebut berasal dari keluarga pemilik hotel Yaitu L.C.Schomper. Dan kini sejak diresmikan menjadi Museum, Gedung Joang 45 ramai dikunjungi para wisatawan yang haus pengetahuan sejarah. Gedung Joang 45 juga sudah memiliki berbagai fasilitas mulai dari Ruang Pameran, Perpustakaan, dan lainnya.

Alamat
Jl. Menteng Raya No.31, Kebon Sirih, Menteng, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10340
Hari & Jam Operasional
Selasa-Minggu, Jam 08.00-16.00 WIB
Jum'at, 08.00-11.00 dan 13.00-16.00 WIB
Senin dan Hari Libur Nasional TUTUP
Harga Tiket Masuk
Anak-anak Rp. 2.500
Dewasa Rp. 5.000

Museum Keprajuritan Indonesia
gedung museum keprajuritan indonesia
Foto by youtube.com

Museum Keprajuritan Indonesia, merupakan salah satu museum yang pas buat liburan bersama keluarga karena dilihat dari lokasinya museum ini berada di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Museum yang diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 5 juli 1987. Menariknya, museum ini memiliki bentuk yang sangat unik dimana bangunanya berupa benteng persegi lima yang megah dan dikelilingi perairan. Perairan di sekeliling benteng ini menggambarkan negara kepulauan dan bangunan yang megah Laksana sebuah benteng pertahanan.

Situs Web
http://www.tamanmini.com/

Alamat
Taman Mini Indonesia Indah, Jl. Raya Taman Mini, Ceger, Cipayung, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta 13820
Hari & Jam Operasional
Selasa-Minggu, Jam 08.00-16.00 WIB
Jum'at, 08.00-11.00 dan 13.00-16.00 WIB
Senin dan Hari Libur Nasional TUTUP
Harga Tiket Masuk
Anak-anak Rp. 2.500
Dewasa Rp. 5.000

Museum Sumpah Pemuda
museum sumpah pemuda indonesia
Foto by 1001.wisata.com

Tujuan wisata sejarah yang selanjutnya yaitu Museum Sumpah Pemuda, tempat yang merupakan sebuah saksi perjalanan perjuangan para pemuda Indonesia dalam meraih Kemerdekaan Indonesia. Yang pada dahulunya tempat ini merupakan rumah kost para pelajar pemuda Indonesia. Dimana para pelajar pemuda Indonesia menjadikan rumah kost-nya sebagai kegiatan perkumpulan dan rapat-rapat hingga tercetuslah sebuah Sumpah Kesatuan Bangsa Indonesia. Dan ketika, memasuki ruangan museum pengunjung akan langsung di hadapkan dengan banyak replika patung-patung para Pelajar Pemuda Indonesia yang menggambarkan suasana kegiatan para pemuda Indonesia waktu itu. Disamping itu pengunjung juga bisa mengabadikan foto-foto yang menarik sekaligus menambah nilai pengetahuan sejarah Indonesia di museum ini.

Situs Web
http://www.museumsumpahpemuda.go.id/

Alamat
Jalan Kramat, Kwitang, Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10420
Hari & Jam Operasional
Selasa-Minggu, Jam 08.00-16.30 WIB
Jum'at, 08.00-11.00 dan 13.00-16.30 WIB
Senin dan Hari Libur Nasional TUTUP
Harga Tiket Masuk
Anak-anak Rp. 1000
Dewasa Rp. 2000

Komentar

Postingan populer dari blog ini

51 Daftar Isi Barang Dagangan Toko Kelentong

12 Buah Yang Mengandung Vitamin C dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Ayo Pakai! Sepatu Futsal Nike, Adidas, Dan Specs Terbaru