Tips dan Trik Menjadi Pelajar Yang Sukses di Sekolah

Senang rasanya jika menjadi pelajar yang sukses dengan mendapatkan berbagai penghargaan disekolah, karena dianggap sebagai pelajar yang rajin dan cerdas dalam belajar disekolah atupun diluar sekolah. Menjadi pelajar yang sukses tentu bisa juga mendapatkan sejumlah beasiswa yang tentu akan meringankan beban biaya pendidikan bagi orang tua nantinya.

Pastinya sudah banyak pelajar yang mendapatkan prestasi disekolah karena sudah mengerti cara bagaimana menjadi siswa yang sukses.
Prestasi sendiri merupakan sebuah pencapaian dari hasil kerja keras yang membuahkan kebanggan tersendiri atau kepada orang lain. Dengan menjalani proses yang panjang untuk mewujudkannya.
Berikut ini 15 tips dan trik menjadi siswa sukses.
Mulailah dengan membaca doa terlebih dahulu
Biasakanlah berdoa untuk memulai suatu pekerjaan atau tugas. Karena ini merupakan langkah awal yang baik dalam melakukan segala kegiatan pekerjaan, Cara ini akan bisa menunjukan jiwa positif dari segi spiritual seseorang.
  
Dapat Menggunakan Buku Agenda
Buatlah catatan-catatan penting di Buku Agenda yang berisikan schedule dikelas. Seperti mencatat tanggal ujian/ulangan harian di sekolah, mencatat kumpulan tugas tugas yang harus dikumpulkan, mencatat jadwal pengumpulan tugas, mencatat jadwal piket harian disekolah. Dan gunakan selalu buku agenda ini dan pasang pengingat waktu untuk membuat daftar tugas dan jadwal belajar lainnya.

Selalu Ingat Untuk Meyerahkan Tugas
Kumpulkan setiap tugas tepat pada waktunya supaya tidak banyak tugas yang tertumpuk. Kerjakan tugas dengan lengkap dan benar. Dan harus yakin dengan tugas yang sudah dikerjakan sesuai instruksi dari guru.
Harus Bisa Berkomunikasi Dengan Guru di Sekolah
Harus berkomunikasi dengan maksud bertanya kepada guru tentang suatu materi pembelajaran yang belum jelas dipahami dan catatlah hasil jawaban dari penjelasan guru. Dan selalu menghormati keputusan guru dan jangan meminta tempo perjanjangan waktu yang terlalu lama.
Susunlah Tugas dengan berbagai warna
Cobalah berkreasi dengan menggunakan berbagai warna pilihan untuk memberi kode atau tanda warna pada halaman yang  menarik untuk menyimpan tugas-tugas supaya terlihat rapih. Buatlah tanda warna pada halaman catatan sebagus mungkin agar memberi kesan yang unik dan menarik pada sebuah catatan.

Buatlah Zona Belajar yang Nyaman
Coba carilah tempat belajar yang cocok dengan kepribadian dan gaya belajar yang di inginkan. Dan buatlah tempat belajar dengan suasana yang nyaman, unik dan menarik. Karena belajar dengan suasana yang nyaman akan membuat otak berfikir secara logis sesuai dengan keadaan lingkungan sekitar.  

Rajin Mengulang Materi pelajaran yang telah dipelajari
Biasakanlah untuk membaca materi pembelajaran sudah dipelajari yang sesuai dengan jadwal pembelajaran yang telah ditentukan. Misalnya dengan membaca materi pelajaran yang akan dibahas didalam kelas supaya memudahkan untuk memahami materi yang akan dibahas. Gunakanlah cara membaca seperti ini sebelum pelajaran dimulai.
Mencatat  Kata Kunci dengan Cepat disaat Pembelajaran
Jangan malas untuk mencatat kata kunci dari penjelasan materi pelajaran yang diberikan guru, baik itu penjelasan tertulis ataupun lisan. Tentunya catatan ini akan melengkapi penjelasan materi pelajaran yang belum lengkap pada buku. 
Membaca Materi Selanjutnya
Fokus dengan mendengarkan penjelasan materi dari guru dan jangan berfikir mendengarkan penjelasan dari guru adalah pengganti membaca materi. Ada baiknya lakukanlah dengan membaca materi pembelajaran yang selanjutnya, sehingga tidak ketinggalan materi pelajaran ketika guru sedang tidak ada ditempat.

Perhatikan Tekanan 
Dengarkan semua pokok pokok pembahasan materi yang disampaikan guru dan perhatikan ketika guru menyampaikan pembelajaran materi. Setelah itu beri tanda cetak tebal pada kalimat yang dianggap penting dan tambahkanlah keterangannya.
Pelajari Meteri Mata Pelajaran 1 Jam Sehari
Cobalah membaca dan pelajari masing masing materi mata pelajaran yang dijadwalkan setidaknya 1 jam sehari. Supaya sebelum pembelajaran dimulai kita sudah lebih mengerti semua materi yang disampaikan.
Membuat Kelompok Belajar 
Buatlah sebuah kelompok belajar yang saling mengerti materi pelajaran dan relevan. Kemudian diskusikan materi pelajaran yang belum dimengerti dan dengarkan pembahasan materi pelajaran yang disampaikan anggota kelompok.
Selalu Mempunyai Rencana
Yaitu dengan mengatur waktu untuk merencanakan kapan akan belajar dan kapan akan bermain. Misalnya jika waktu yang seharusnya belajar pada siang hari, kemudian terpakai untuk bermain maka belajarlah di sore harinya. Supaya tidak menjadi beban pelajaran yang selanjutnya
Jangan Belajar Mendadak
Belajarlah setiap hari, dan hindari cara belajar hanya disaat ada ujian saja. Supaya tidak kelelahan mengejar materi sebelum ujian datang. Terus lakukan belajar secara singkat, lalu sedikit demi sedikit sudah menguasai semua materi pelajaran sampai ujian tiba.

Menjaga Diri Anda Sendiri
Buatlah kebiasaan hidup yang baik dan sehat, dengan menjaga lingkungan supaya menjaga pola hidup yang sehat dan bisa mendukung pembelajaran agar menjadi pelajar yang sukses. Seperti istirahat yang cukup, menjaga pola makan, tidur yang cukup, berolahraga, bersantai, dan bersuka ria bersama teman teman.


Demikianlah artikel Tips dan trik menjadi pelajar yang sukses, semoga bermanfaat! 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

51 Daftar Isi Barang Dagangan Toko Kelentong

12 Buah Yang Mengandung Vitamin C dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Ayo Pakai! Sepatu Futsal Nike, Adidas, Dan Specs Terbaru