Perlombaan 17 Agustusan yang Unik dan Menarik Memperingati Kemerdekaan RI

KabarMata - Di bulan Agustus, tepatnya pada tangga 17 Agustus merupakan hari bersejarah untuk seluruh rakyat Indonesia. Karena, pada tanggal tersebut merupakan hari Lahirnya Bangsa Indonesia, dan dimana Presiden Soekarno memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia kepada  dunia.

Berbagai acara 17 Agustusan, diadakan untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan nasional, seperti upacara bendera, memperingati detik-detik proklamasi ,serta selalu bersyukur atas kemerdekaan yang telah diraih Bangsa Indonesia.
Selain mengadakan berbagai acara di atas, selepas untuk menyambut Kemerdekaan. Masyarakat  Indonesia juga mengadakan berbagai  lomba-lomba untuk mensyukuri Kemerdekaan Indonesia.

“Ayo… Ayo… Ayo…”, Teriakan seperti ini yang mungkin diucapkan pada saat mengikuti lomba 17 Agustusan. 

Berikut, beberapa ualasan menarik tentang lomba 17 Agustusan.

1. Lomba Panjat Pinang
lomba panjat pinang
Gambar by Elshinta.com
Banyak yang bilang Lomba panjat pinang sulit untuk ditaklukan. Itu benar karena pohon pinangnya dilumuri minyak dan oli sebagai pelicin sehingga amat sangat sulit untuk dipanjat. Lomba Panjat Pinang tidak semudah panjat pohon mangga, pohon jambu, pohon pisang atau, pohon kelapa sekalipun karena lomba ini adalah salah satu lomba 17 Agustusan yang unik dan memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi.

Syarat untuk mengikuti lomba ini dibutuhkan beberapa kelompok dimana  masing-masing kelompok terdiri dari 4-5 orang. Suatu kelompok itu dibutuhkan kerja sama untuk menyusun strategi agar bisa memanjat pohon pinang sampai kepucuknya.

Jadi, semakin tinggi pohon pinang akan sulit untuk ditaklukan, justru itulah yang membuat lomba ini menarik karena bila pemenang sudah sampai diatas ka nada banyak sekali hadiah yang menanti seperti , uang, sepeda, kipas angin, handphone, baju, sepatu dan masih banyak yang lainnya.

2. Lomba Balap Makan Kerupuk
lomba makan kerupuk
Gambar by tribunnews.com
Lomba Balap makan kerupuk merupan lomba yang seru dan unik sekaligus mengenyangkan walaupun hanya makan kerupuk. Bahkan, beberapa daerah di Indonesia justru mengadakan lomba makan kerupuk bersama nasi , bakso, dan lauknya.

Lomba ini bisa dibilang salah satu lomba yang harus ada dalam daftar perlombaan 17 Agustusan. Mengapa bisa dikatakan begitu karena lomba ini cukup simpel dan tidak perlu mengeluarkan biaya cukup besar, dan justru lomba ini turut mengundang banyak keseruan dan hiburan.

3. Lomba Tarik Tambang
lomba tarik tambang
Gambar by tripadvisor.co.uk
Selanjutnya lomba yang turut menjadi perhatian pada gelaran 17 Agustusan yaitu Lomba Tarik Tambang, merupakan salah satu lomba seru dan unik sekaligus memiliki tinggkat kesulitan yang cukup tinggi. Karena dalam lomba ini akan sangat membutuhkan tenaga yang cukup kuat untuk bisa saling tarik menarik menggunakan tali atau tambang agar bisa memenangkannya.

Syarat untuk mengikuti lomba ini dibutuhkan 2 kelompok, dimana masing masing kelompok terdiri dari 5-6 peserta Lomba Tarik Tambang. Masing masing kelompok akan akan menyusun strategi agar barisan cukup kuat untuk bisa menahan tarikan lawan atau menarik lawan.

Disamping itu juga ada beberapa cara agar bisa memenangkan Lomba Tarik Tambang, yaitu dengan memilih salah satu peserta lomba yang mempunyai tenaga cukup kuat untuk diposisikan didepan atau dibelakang dengan tujuan menahan dari tarikan lawan dan bila ada ruang anggota dibelakang akan membalas tarikan secara serentak agar bisa memenangkannya.

4. Lomba Merias Wajah
lomba merias wajah
Gambar by kapanlagi.com
Lomba Rias Wajah, merupakan salah satu lomba yang sangat menarik karena lomba ini dibutuhkan dua peserta lomba dari setiap kelompoknya, yaitu dengan satu peserta bertugas sebagai orang yang akan dirias wajahnya dan yang satu peserta lagi bertugas sebagai periasnya.

Yang menjadi tantangan Lomba Rias Wajah ini adalah yang bertindak sebagai orang yang siap untuk dirias wajahnya adalah laki-laki atau sebaliknya. Perlombaan semakin menarik saja dimana perlengkapan make up yang sudah dipersiapkan seperti bedak, lipstik, wig (rambut palsu), tidak digunakan begitu saja melainkan peserta Lomba Rias Wajah yang bertugas merias wajah temannya tersebut harus ditutup matanya menggunakan kain. Sehingga akan sulit untuk merias wajah temannya dalam keadaan tidak melihat. Meskipun begitu ada saja peserta yang cukup ahli dalam merias wajah temannya, dengan hasil yang bagus/cakep, dan ada juga yang membuat penonton tertawa dengan hasil riasan wajah temannya yang acak acakan.

5. Lomba Balapan Bakiak
lomba balap bakiak
Gambar by youtube.com
“ Ayoo…Ayoo…Ayoo…’’, Semangaaaat….
Teriakan Teriakan Ini yang selalu diucapkan bila penonton melihat Lomba Balapan Bakiak pada gelaran 17 agustusan diIndonesia. Lomba ini selalu menjadi salah satu daya tarik dan memiliki keunikan tersendiri  dalam gelaran perlombaan.

Biasanya Lomba Balap Bakiak ini dimainkan dengan beberapa kelompok yang terdiri dari 3-4 orang peserta lomba. Lomba ini butuh kerja sama dari kelompok untuk bisa menjaga keseimbangan ritme jalan kaki agar bisa melangkah lebih cepat dari kelompok lawan supaya bisa mencapai garis Finish untuk menjadi pemenangnnya.

Uniknya dibeberapa daerah diIndonesia yang justru ada Lomba Balap Bakiak dengan mata tertutup dan sambil joget agar membuat lomba yang satu ini menjadi lebih modern dan sangat menghibur untuk ditonton.

6. Lomba Balap Kelereng Menggunakan Sendok
lomba balap kelereng
Gambar by youtube.com
Kelereng tidak digunakan untuk main sentilan jari saja, tapi bisa digunakan untuk gelaran lomba 17 Agustusan yang akan tiba. Bisa dibilang lomba ini termasuk dalam lomba yang simpel tapi sangat menarik untuk dicoba. Biasannya lomba ini dimainkan oleh anak-anak, bahkan  sekarang ini orang dewasa pun banyak yang mengikuti lomba ini dengan diberi tambahan tantangan seperti , berjalan sambil joget dan diberi musik dimana musik tersebut akan menjadi petunjuk apabila saat musik dihidupkan berarti peserta harus berhenti sejenak untuk berjoget sambil menjaga keseimbangan kelereng agar  tidak jatuh, dan setelah lagu berhenti peserta akan siap siap untuk kembali berjalan.

Bisa bilang lomba ini memiliki tingkat kesabaran yang cukup tinggi karena harus terus menjaga keseimbangan kelereng agar tidak jatuh pada saat berjalan. Untuk itu dibutuhkan beberapa trik yang harus dicoba untuk menjaga keseimbangan kelereng  yaitu, dengan menaruh sendok dipinggir mulut dan harus hati-hati jangan sampai pada saat berjalan kaki peserta tersandung batu dan dinyatakan gagal.

7. Lomba Perang Bantal
lomba perang bantal
Gambar by Klikhotel.com
Lomba Perang Bantal, merupakan salah satu lomba yang menjadi pusat perhatian lainnya dalam daftar gelaran lomba 17 Agustusan. Biasanya lomba yang satu ini menggunakan sungai sebagai arena pertandingan, dan memakai bambu untuk tempat bertanding  yang sudah dilumuri minyak dan oli sebagai pelicin, , kemudian peserta harus saling berhadap-hadapan satu lawan satu dan menggunakan bantal sebagai senjatanya.

Bisa dibilang, lomba ini adalah lomba yang sulit untuk dimenangkan karena sangat butuh keseimbangan pada saat memukul ataupun hanya diam saja, karena banyak peserta yang gagal walau hanya baru duduk untuk mencapai ditengah pertandingan dan sudah jatuh duluan. Terkadang, ada saja hal yang membuat penonton tertawa kerena, kedua peserta lomba yang tidak bisa menjaga keseimbangan dan akhirnya keduanya jatuh kedalam air secara bersamaan sehingga lomba tersebut harus di ulang kembali.

8. Lomba Joget Balon
lomba joget balon
Gambar by kompasiana.com
Lomba apa yang paling heboh pada 17 Agustusan? Pasti akan banyak menjawab yaitu Lomba Joget dengan Balon. Yaa sangat benar,  karena lomba ini merupakan lomba yang unik, seru ,lucu, serta heboh. Lomba ini termasuk dalam lomba yang benar benar heboh pada saat acara 17 Agustusan . Dalam peraturan permainan lomba ini peserta lomba disuruh untuk berpasang-pasangan baik-laki dengan perempuan atau sebaliknya.

Keunikan lomba ini sendiri, yaitu dimana sepasang peserta lomba bergoyang seheboh mungkin mengikuti alunan musik yang disediakan panitia perlombaan. Dan keseruan semakin bertambah, karena dalam lomba ini sepasang peserta lomba bergoyang sambil menggunakan balon yang diapit dibagian kepala peserta lomba.

9. Lomba Balap Karung
lomba balap karung
Gambar by Metrotvnews.com
Siapa yang tidak kenal dengan lomba yang satu ini? lomba meloncat-loncat dengan menggunakan karung sebagai tantanganya. Setuju, bila lomba yang satu memang harus ada digelaran 17 Agustusan, karena lomba yang satu mempunyai ciri khas tersendiri yang membuat lomba menjadi seru dan unik. Yaitu, dengan menggunakan karung untuk meloncat-loncat ,baik meggunakan karung Goni ataupun karung Plastik sekalipun.

Untuk peraturan permainan dalam Lomba Balap Karung. peserta lomba hanya perlu butuh kecepatan melompat untuk bisa mencapai garis Finish. Namun dalam lomba ini selalu ada saja peserta yang jatuh karena tersengkat karunggnya sendiri sehingga jatuh, tetapi inilah yang membuat lomba ini semakin penasaran dan ingin terus mencobanya.

10. Lomba Memasukkan Paku Ke Dalam Botol
lomba memasukan paku dalam botol
Gambar by cabeoutdoorservice.com
Selanjutnya lomba 17 Agustusan yang ada diurutan ke sepuluh adalah Lomba Memasukkan Paku ke Dalam Botol. Dimana lomba ini bertujuan untuk melatih kesabaran serta insting, karena peserta lomba harus bisa memasukkan Paku ke Dalam Botol yang sudah disediakan, oleh Panitia lomba.

Dalam lomba ini, paku yang dipakai untuk bermain akan digantung dibagian belakang perut peserta lomba  menggunakan tali. Kemudian, paku tersebut harus dimasukan kedalam botol yang sudah disediakan oleh panitia lomba. Dan untuk, menjadi pemenangnya yaitu peserta lomba yang paling cepat memasukan paku kedalam botol maka ialah pemenangnya.

11. Lomba Gigit Koin
lomba gigit koin
Gambar by Kapanlagi.com
Lomba Gigit koin, bisa dibilang lomba yang satu ini dikenal dengan nama “Ceremotan.” Mengapa bisa dikatakan begitu, karena lomba ini sangat menarik sekali untuk menjadi lomba tambahan pada gelaran 17 Agustusan.

Dalam permainan lomba ini ada banyak sekali uang koin yang ditempelkan disetiap sisi buah kelapa ataupun jeruk purut. Ini merupakan, lomba yang sangat cocok buat yang ingin mendapatkan hadiah uang koin langsung. Untuk hadiah yang didapatkan juga lumayan cukup besar. Biasanya panitia menempelkan hadiah uang koin sekitar Rp 80.000 sampai Rp 100.000 per satu kelapa ataupun jeruk purut.

12. Lomba Sepak Bola Menggunakan Daster
lomba main bola pakai daster
Gambar by Metrotvnews.com
Pada permainan sepakbola, umumnya  yaitu permainan sepakbola yang dimainkan dengan tim kesebelasan dengan menggunakan perlengkapan kostumnya masing-masing seperti, kaos olahraga, sepatu, dan lainnya. Namun, untuk acara gelaran 17 Agustusan ini akan menjadi pembeda dari sepakbola pada umumnya.

Dalam perlombaan ini para pemain tidak memakai kostum yang biasa digunakan untuk bermain sepakbola, melainkan para pemain akan mengenakan Daster yang biasa dipakai oleh ibu-ibu. Pada pertandingan yang diperlombaan kali ini dijamin, lomba ini pasti akan mengocok isi perut penonton.

Apalagi kalau terjadi gol kegawang lawan yang pastinya, nanti para pemain akan melakukan gaya selebrasi atas gol yang dicetaknya, dan tentunya kalian  pasti akan terus tertawa sampai pertandingan selesai.

13. Lomba Sepak Bola Menggunakan Sarung
lomba main bola pakai sarung
Gambar by antarafoto.com
Selain lomba sepak bola menggunakan Daster, ada satu lagi lomba sepakbola yang kali ini menggunakan sarung dalam bermainya, pada gelaran 17 Agustusan, serta tidak kalah seru untuk menghibur penonton.

14. Lomba Bermain Catur
lomba main catur
Gambar by tribunnews.com
Untuk urutan lomba selanjutnya adalah Lomba Bermain Catur. Dalam perlombaan kali ini, Bermain Catur merupakan salah satu lomba yang sering muncul pada gelaran 17 Agustusan. Untuk mengikuti lomba catur butuh konsentrasi yang cukup tinggi, agar bisa memenangkannya. Karena pemain harus bisa mempertahankan kerajaan agar tidak kalah dari lawan dalam permainan catur itu sendiri.

Aturan dalam permainan catur sendiri cukup simpel, yaitu hanya dibutuhkan dua orang pemain. Dimana para pemain ini akan menjadi lawan, satu melawan satu dipermainan catur.

15. Lomba Balap Egrang
lomba balap egrang
Gambar by Cilacapkab.go.id
Kalau ditanya lomba, lomba apa yang disebut Si Kaki Bambu?  Ya benar, kalau anda jawab Lomba Balap Egrang. Kalau dipikir-pikir perlombaan 17 Agustusan yang ada di Indonesia memang tidak ada duanya. Seperti yang satu ini perlombaan yang memiliki ciri khas tersendiri, yang memanfaatkan bambu sebagai alat perlombaan, yang dirancang untuk berjalan menaiki bambu itu sendiri.

Cara bermain Egrang sendiri bisa dikatakan gampang-gampang susah, karena butuh menjaga keseimbangan tubuh pada saat menaiki Egrang. Peserta dinyatakan menang apabila telah sampai garis Finish yang ditentukan panitia.

16. Lomba Tennis Meja
lomba main tenis meja
Gambar by adarimbs.blogspot.com
Selanjutnya, adalah Lomba Tennis meja yang merupakan perlombaan untuk mengisi urutan daftar gelaran 17 Agustusan. Yang membuat anda ingin ikut bermain dalam perlombaan yang satu ini. Karena, bisa dibilang lomba ini tidak perlu menguras banyak tenaga. Dan permainan hanya dilakukan diatas meja saja.

Cara bermain tennis meja ini cukup mudah, yaitu pemain perlu skill kecepatan tangan untuk bisa menangkis serangan lawan. Pemain yang memperoleh poin yang cukup tinggi dinyatakan sebagai pemenangnya.

17. Lomba Balap Makan Mie Instan
lomba balap makan mie
Gambar by Batamnews.co.id
Dan yang menjadi urutan terakhir dalam gelaran 17 Agustusan adalah Lomba Balap Makan Mie Instan. Dalam lomba ini biasanya panitia lomba menyediakan Mie Instan beserta sosis dan lauknya dalam jumlah porsi yang cukup banyak. Lomba yang satu ini sangat cocok untuk mengisi perut yang lapar.

Biasanya peserta lomba yang mengikuti perlombaan ini adalah peserta yang memiliki postur badan yang cukup besar, karena bisa dibilang peserta postur besar akan cepat menghabiskan mie yang disediakan panitia dalam jumlah porsi yang sangat banyak.
Namun, tidak menutup kemungkinan bagi peserta yang memiliki postur badan kecil tidak bisa begitu saja diremehkan, karena sudah terbukti, kalau perut sudah benar-benar merasa lapar mie instan yang disediakan panitia lomba pasti akan cepat habis.

Demikian, itulah perlombaan yang ada dalam pagelaran 17 Agustusan yang bisa menjadi hiburan unik dan menarik serta bersyukur dalam Meraih Kemerdekaan Indonesia.

Merdeka Merdeka Merdeka!

Komentar

  1. Waaah seru yaa, memang momen paling di tunggu..
    Thanks for share, kunjungi juga http://bit.ly/2HdEK6A

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

51 Daftar Isi Barang Dagangan Toko Kelentong

12 Buah Yang Mengandung Vitamin C dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Ayo Pakai! Sepatu Futsal Nike, Adidas, Dan Specs Terbaru