12 Buah Yang Mengandung Vitamin C dan Manfaatnya Bagi Kesehatan


12 Buah Yang Mengandung Vitamin C dan Manfaatnya Bagi Kesehatan
Bicara tentang buah-buahan yang mengandung vitamin C. Pastinya selalu buah jeruk yang di ingat. Sebenarnya, selain buah jeruk, ada buah lainnya yang mengandung vitamin C, bahkan lebih kaya kandungan vitamin C-nya dibandingkan buah jeruk. 
Vitamin C atau asam askorbat adalah vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menghasilkan zat yang disebut kolagen yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu penyerapan zat besi.
Selain dari jeruk, vitamin C juga bisa didapat dari sebagian besar buah-buahan lainnya yang juga kaya akan kandungan nutrisi, serat, mineral dan sebagainya yang juga mempunyai manfaat bagi kesehatan yakni seperti jambu biji, jeruk, apel, tomat, stroberi, kiwi, mangga, pepaya, delima, alpukat, durian dan lainnya. 
Penasaran apa saja? Yuk, simak di bawah ini.
1. Buah Jambu Biji 
Jambu biji adalah salah satu buah yang paling populer di Indonesia dan sangat mudah untuk ditemukan. Beberapa kandungan penting di dalam jambu biji seperti mineral dan vitamin mampu menyehatkan tubuh Anda. Bahkan kandungan vitamin C dalam jambu biji hampir 2 kali lebih banyak dari buah jeruk. Dalam 100 gram jambu biji, mengandung 108 mg vitamin C. 
Lalu apa saja manfaat buah jambu biji bagi kesehatan? 
  • Meningkatkan Imunitas Tubuh Kandungan Vitamin C yang tinggi di dalam jambu biji bisa mencegah seseorang terkena virus dan infeksi. 
  • Mengobati Diare Jambu Biji mengandung kalium dan karotenoid yang bisa menguatkan sistem pencernaan sehingga dapat melindungi sistem pencernaan dari diare. 
  • Mengatasi Sembelit Karena Jambu Biji mengandung serat yang cukup tinggi, sehingga sangat ampuh sekali untuk mencegah datangnya sembelit. 
  • Menjaga Kesehatan Mata Buah jambu biji mengandung Vitamin A tinggi seperti wortel. Karena kandungan vitaminnya inilah membuat jambu biji bisa menjaga kesehatan mata. 
  • Menjaga Kesehatan Tiroid Tiroid adalah kelanjar yang berfungsi mengontrol produksi hormon. Karenanya Jambu Biji ini mengandung zat tembaga yang bisa menjaga kesehatan kelenjar tiroid. 
  • Mencegah Diabetes Karena Buah jambu biji mengandung senyawa yang bisa menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Oleh sebab itu, Jambu Biji juga bisa mencegah datangnya penyakit diabetes.
2. Buah Jeruk 
Jeruk menjadi salah satu buah populer sebagai makanan pencuci mulut. Rasanya yang manis dan agak asam memberikan sensasi segar saat dinikmati. Jeruk memiliki kandungan gizi sempurna sebagai buah yang memiliki nutrisi paling sehat dalam tubuh. Karenanya jeruk mengandung 180 gr vitamin C sesuai dengan kebutuhan tubuh. Jeruk juga merupakan sumber serat, asam folat, antioksidan, vitamin, mineral dan lainnya yang dibutuhkan tubuh. 
Lalu apa saja manfaat jeruk bagi kesehatan? 
  • Melancarkan Pencernaan Buah jeruk memiliki sumber serat yang sangat baik untuk merangsang produksi cairan pencernaan pada tubuh serta dapat melancarkan proses pencernaan. 
  • Mengatur Tekanan Darah Buah Jeruk kaya akan sumber magnesium yang dapat membantu mengatur tekanan darah dalam tubuh. 
  • Meningkatkan Fungsi Otak Buah jeruk ternyata sangat baik untuk perkembangan otak. Ini dikarenakan buah jeruk mengandung asam folat yang merupakan zat yang sangat baik untuk membantu fungsi dari otak. 
  • Mencegah Kanker Buah Jeruk mempunyai senyawa yang disebut limonene, yang memiliki sifat penghambat kanker. Senyawa ini bekerja dalam mendeteksi sel kanker dan menghancurkannya. 
  • Menjaga Kesehatan Kulit Kandungan vitamin C yang berlimpah dalam jeruk juga dapat mencerahkan kulit dan memudarkan bintik hitam pada wajah. 
  • Mencegah Penyakit Jantung Jeruk mengandung banyak antioksidan, asam folat dan kalium yang baik bagi kesehatan jantung.
3. Buah Apel 
Siapa yang tak kenal dengan buah apel? Buah yang sangat familiar ini bisa dijumpai di manapun. Saat Anda berada, baik di pasar tradisional, swalayan bahkan supermarket. Dalam buah apel, terkandung banyak vitamin seperti vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, dan vitamin C. Kandungan vitamin C dalam setiap 100 gram apel adalah 5 mg. Satu apel mengandung sekitar 80 kalori. Terdapat pula sejumlah mineral seperti potassium, magnesium, kalsium, zat besi, zinc. unsur lainnya seperti fitokimian, tanin, serat, baron, asam tartar terdapat juga dalam buah apel. 
Lalu apa saja manfaat buah apel bagi kesehatan? 
  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh, Apel memiliki kandungan  flavonoid dan quercetin mampu menjadi antioksidan alami yang dapat mengikat radikal bebas dan menjadi pelindung bagi tubuh, serta kandungan Vitamin C yang membantu kedua senyawa tersebut, sehingga tubuh tidak mudah terserang berbagai macam virus penyebab penyakit. 
  • Mencegah Penyakit Kanker Kandungan senyawa yang terdapat pada buah apel seperti senyawa flavonoid, karotenoid, vitamin C yang merupakan antioksidan alami diyakini mampu mencegah timbulnya penyakit kanker. 
  • Menurunkan Kolesterol Dalam Darah, Apel kaya akan serat dan vitamin B, mengonsumsi Apel secara rutin efektif untuk menurunkan jumlah kolesterol dalam darah. 
  • Mencegah Diabetes Kandungan pectin pada apel dapat mensuplai galacturonic acid yang akan menurunkan kebutuhan tubuh untuk melepaskan hormon insulin yakni salah satu hormon penyebab diabetes.
  • Mencegah Batu Empedu, Apel yang kaya dengan serat dapat membantu dalam mengendalikan kolesterol dan berat badat yang merupakan penyebab utama terbentuknya batu empedu. 
  • Membantu sistem pencernaan, Apel mengandung serat yang dapat membantu melancarkan sistem pencernaan sehingga penyakit seperti sembelit dan diare dapat dicegah.
4. Buah Delima 
Buah delima, memiliki banyak kandungan nutrisi penting. Nutrisi terbesar buah delima adalah antioksidan. Kandungan antioksidan buah delima tiga kali lebih banyak daripada teh hijau atau anggung merah. Nutrisi penting lain, yang terkandung dalam buah delima adalah vitamin, seperti vitamin A, B3 (niasin), B9 (asam folat), C, dan E. Bahkan, rata-rata delima mengandung sekitar 40% vitamin C harian. Delima juga kaya akan kandungan mineral, seperti kalsium dan zat besi. Serta kaya akan serat, yang membuat delima sangat cocok dijadikan teman diet Anda. 
Lalu apa saja manfaat buah delima bagi kesehatan? 
  • Menjaga Kesehatan Gigi, Dalam buah delima ini mengandung senyawa antibakteri dan juga antivirus yang bisa membantu untuk mengurangi plak pada gigi, dan juga membuat gigi menjadi lebih sehat dan juga kuat. 
  • Mencegah anemia, Kandungan zat besi yang sangat tinggi pada buah delima sangat baik sekali untuk mengatasi gejala anemia yang disebabkan karena kekurangan sel darah merah yang mengakibatkan sering merasa lelah, pusing dan yang lainnya. 
  • Membuat Awet Muda, Senyawa polifenol dalam delima sangat ampuh menghambat proses penuaan. Itu sebabnya rutin mengonsumsi delima bisa membuat kulit bercahaya dan jauh dari keriput. 
  • Mencegah Kanker, Buah delima mengandung banyak antioksidan dan flavonoid yang dapat menghambat produksi sel-sel kanker di dalam tubuh sehingga dapat membantu mencegah terjadinya penyakit kanker. 
  • Membantu Mencegah Asma, Buah delima mengandung banyak vitamin C dan asam askorbat yang merupakan suatu agen anti inflamasi (anti radang), yang dapat membantu mengurangi penyumbatan pada organ-organ pernapasan. 
  • Menyehatkan Jantung, Buah delima memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang bisa membantu meningkatkan aktivitas kolesterol baik yang terdapat di darah sehingga dapat membantu fungsi dari jantung.
5. Buah Kiwi 
Paduan rasanya yang unik dan daging buah yang nampak eksotis, membuat buah kiwi digemari banyak orang. Meski tergolong buah premium yang berharga cukup mahal, namun semua itu sepadan dengan berbagai manfaat buah kiwi yang begitu menakjubkan bagi kesehatan. Buah kiwi mengandung 2 kali lebih banyak vitamin C daripada buah jeruk. Selain vitamin C, buah kiwi merupakan sumber serat, magnesium, kalium, asam folat, vitamin A, E, K dan lainnya. 
Lalu apa saja manfaat buah kiwi bagi kesehatan? 
  • Meningkatkan Sistem Imun, Tingginya kandungan vitamin C di dalam buah kiwi mampu membantu meningkatkan sistem imun guna mencegah tubuh dari serangan penyakit. Selain itu, vitamin C dalam buah kiwi juga berperan sebagai antioksidan yang efektif dalam menangkal efek buruk dari radikal bebas. 
  • Membantu Proses Metabolisme, Buah kiwi kaya akan kandungan seratnya yang cukup tinggi. Kandungan serat dalam buah kiwi mampu meningkatkan proses metabolisme tubuh sekaligus melindungi tubuh dari berbagai masalah pencernaan. 
  • Menjaga Kesehatan Mata, Kiwi mengandung lutein dan beta karoten yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. 
  • Menjaga kesehatan kulit, Buah Kiwi mengandung Vitamin E yang tinggi, Vitamin E merupakan antioksidan untuk melindungi kulit dari polusi, sinar matahari, debu dan denegerasi. 
  • Menjaga Tumbuh Kembang Janin, Buah kiwi mengandung asam folat yang sangat dibutuhkan ibu hamil untuk tumbuh kembang janin sekaligus membantu tubuh memproduksi sel darah merah dan sebagai sumber energi. 
  • Menjaga Kesehatan Tulang, Vitamin K yang terkandung dalam buah kiwi berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang. Vitamin ini berfungsi untuk membantu proses penyerapan kalsium guna membangun tulang yang sehat.
6. Buah Anggur 
Anggur adalah salah satu buah yang biasanya dikonsumsi secara langsung dan mempunyai rasa manis dan segar. Buah anggur tak hanya enak, manis, dan menarik, tetapi juga mengandung banyak manfaat kesehatan. Setiap 100 gram buah anggur mengandung 10,8 mg vitamin C. Anggur merah mengandung vitamin A, B, B6, magnesium, zat besi, kalium, natrium, serat, antioksidan dan lainnya. 
Lalu apa saja manfaat buah anggur bagi kesehatan? 
  • Menutrisi Organ Dalam Tubuh, Buah anggur mengandung banyak vitamin, diantaranya vitamin K, vitamin C, Vitamin E, dan vitamin B-6. Semua kandungan dan nutrisi yang ada pada buah ini bisa menjaga kesehatan organ dalam tubuh. Dengan begitu, semua organ tubuh bisa berfungsi secara optimal. 
  • Mengatasi Hipertensi, Kandungan kalium dan melatonin pada anggur bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah, sementara kandungan seratnya mampu membersihkan pembuluh-pembuluh darah dari lemak. 
  • Menghambat Sel Kanker, Memiliki sifat antioksidan, senyawa petrostilbene, acutimissin A, resveratrol, asam elagik yang cukup tinggi pada buah anggur menunjukkan kemampuannya dalam menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. 
  • Mengurangi Resiko Penyakit Alzheimer, Buah anggur memiliki fungsi yang dapat meningkatkan kesehatan otak dan juga dapat membantu untuk mengurangi resiko penyakit Alzheimer. Kandungan resveratol dimana zat poliifenol ini mampu membantu mengurangi tingkat amyloidal beta peptide yang ada pada penderita penyakit Alzheimer.  
  • Mengurangi Tekanan darah tinggi, Buah anggur yang kaya akan flavonoid yang dapat mengurangi tekanan darah tinggi. Selain itu, buah anggur juga tinggi akan kandungan kalium yang membantu menghilangkan efek natrium dalam tubuh, sehingga tekanan darah tinggi bisa dikurangi. 
  • Mengobati susah buang air besar, Kandungan gula, selulosa, serta asam organik dalam buah anggur berperan sebagai pelancar, sehingga konsumsi buah anggur dipercaya dapat mengobati susah buang air besar atau yang lebih dikenal dengan sembelit. 
  • Menutrisi Organ Dalam Tubuh, Buah anggur mengandung banyak vitamin, diantaranya vitamin K, vitamin C, Vitamin E, dan vitamin B-6. Semua kandungan dan nutrisi yang ada pada buah ini bisa menjaga kesehatan organ dalam tubuh. Dengan begitu, semua organ tubuh bisa berfungsi secara optimal.
7. Buah Mangga
Mangga merupakan jenis buah tropis yang dibudidayakan oleh orang-orang di seluruh dunia. Buah warna kuning ketika matang dan hijau ketika mentah ini memang terkenal akan kandungan vitaminya yang sangat banyak. Buah mangga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Misalnya kalori, protein, lemak, karbohidrat, serat, vitamin C, vitamin A, asam folat, vitamin B-6, vitamin K, potasium, tembaga, kalsium, zat besi, dan antioksidan zeaxanthin dan beta karoten. Satu buah mangga mengandung 122 mg vitamin C. Buah menyegarkan ini juga kaya akan serat dan vitamin A. 
Lalu apa saja manfaat buah mangga bagi kesehatan?
  • Mencegah Risiko Kanker, Mangga diperkaya dengan dengan kandungan antioksidan seperti quercitrin, iso-quercitrin, astragalin, fisetin, asam galat serta methylgallat yang melimpah. Mengkonsumsi mangga secara rutin dapat membantu melindungi tubuh dari risiko terkena kanker. 
  • Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat, Semua kandungan nutrisi dan senyawa yang ada dalam mangga berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah sehingga terhindar dari resiko terkena hipertensi, penyakit jantung dan stroke. 
  • Meningkatkan Gairah Seks, Mangga juga diketahui memiliki sifat afrodisiak, yang dikenal dapat meningkatkan kejantanan pria. Selain itu, vitamin E yang terdapat dalam buah mangga juga berkhasiat untuk membantu memelihara organ intim dan juga meningkatkan gairah seks pasangan. 
  • Membantu Tumbuh Kembang Janin, Kandungan asam folat sangat berperan besar selama masa kehamilan. Efek yang ditimbulkan apabila janin kekurangan asam folat, ialah dapat menyebabkan bayi terlahir dengan cacat otak dan sumsum belakang. Untuk itu diperlukannya asam folat agar nutrisi bayi tercukupi. 
  • Meningkatkan Daya Ingat, Kandungan asam Glutamin yang dikenal untuk meningkatkan daya ingat atau memori dan menjaga sel-sel otak yang aktif. 
  • Menyehatkan Kulit, Kandungan vitamin A dan C di dalam buah mangga tergolong tinggi. buah ini mengandung sekitar 25% vitamin A dan 76% vitamin C. Vitamin A dibutuhkan oleh kulit dalam pertumbuhan jaringan sedangkan vitamin C dibutuhkan untuk pembentukan kolagen kulit.
8. Buah Stroberi 
Buah stroberi merupakan sumber vitamin C yang sangat baik, dalam 147 gram stroberi mengandung 86,5 mg vitamin C. Begitu pula halnya akan kandungan flavanoids dan phenolic acids. Stroberi juga mengandung fisetin dan memiliki level tinggi antioksidan dibandingkan buah lainnya. Selain itu, stroberi juga termasuk sumber mineral potas, mangan, dan iron yang cukup baik, dilengkapi dengan beberapa vitamin seperti vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, vitamin K, vitamin A, and vitamin E dan lainnya. Dengan kandungan nutrisinya, buah stroberi memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. 
Lalu apa saja manfaat buah stroberi bagi kesehatan? 
  • Menurunkan Tekanan Darah, Vitamin C merupakan antioksidan yang sangat efektif, dapat memperkuat daya tahan tubuh, dan membantu menurunkan tekanan darah. 
  • Membantu Proses Diet, Bagi anda yang sedang melakukan proses diet, buah ini bisa ditambahkan ke dalam menu diet anda. Selain mengandung banyak nutrisi yang penting bagi tubuh, buah ini juga mengandung serat yang akan membantu proses diet anda tetap berjalan lancar. 
  • Menjaga Daya Ingat, Buah ini ternyata sangat bermanfaat dalam menjaga daya ingat. Seperti kita ketahui, seiring bertambahnya usia manusia maka kemampuan daya ingatnya akan cenderung menurun. 
  • Menyehatkan Tulang, Buah Stroberi mengandung kalium, vitamin K dan magnesium, dan mineral yang sangat penting dalam menjaga kesehatan tulang. Mengonsumsi buah ini tentu saja akan membuat tulang menjadi lebih sehat dan terjaga. 
  • Kesehatan Rambut, Stroberi merupakan buah yang kaya akan asam lemak omega 3, asam folat, magnesium, dan tembaga. Mineral ini sangat penting untuk kesehatan rambut sebab dapat mengatur produksi minyak di kulit kepala, mencegah rambut berminyak, mengontrol ketombe, dan mencegah kerontokan rambut.
9. Buah Pepaya 
Pepaya, merupakan buah tropis yang kabarnya berasal dari Amerika Utara dan juga Selatan. Buah dengan warna cerah ceria ini banyak dijadikan "buah meja" sebab rasanya yang khas memang pas sebagai penyegar mulut selepas bersantap. Tidak heran buah ini menjadi primadona. Bukan hanya harganya yang murah, melainkan pepaya mengandung manfaat yang sangat banyak. Dalam 150 gram pepaya mengandung 90 mg vitamin C. Selain vitamin C, buah pepaya juga kaya akan serat, vitamin A, vitamin B kompleks (seperti asam folat, vitamin B6, vitamin B2, dan vitamin B1), kalium, dan kalsium. Karena kandungannya ini, tentu pepaya memberi manfaat bagi tubuh, seperti untuk memperlancar pencernaan (serat), menjaga kesehatan kulit dan mata (vitamin A), membantu metabolisme tubuh (vitamin B kompleks), dan mengontrol tekanan darah (kalium). 
Lalu apa saja manfaat buah pepaya bagi kesehatan? 
  • Memperlancar Pencernaan, Pepaya terkenal dapat melancarkan pencernaan. Hal ini karena pepaya mengandung enzim papain yang membuat protein lebih mudah dicerna. 
  • Mencegah Pembekuan Darah, Pembekuan darah di dalam tubuh dapat memperlambat sirkulasi darah dan menyumbat di arteri. Karenanya pepaya mengandung zat yang dikenal sebagai fibrin yang bisa melancarkan aliran darah. 
  • Menyehatkan Mata, Pepaya mengandung vitamin A yang baik untuk mata. Vitamin A dibutuhkan untuk kesehatan kornea dan menghasilkan kelembapan yang cukup agar mata selalu berfungsi dengan baik. 
  • Menjaga Kesehatan Ginjal, Biji buah pepaya juga mengandung senyawa phenotic serta flavonoid yang berperan aktif dalam menjaga kesehatan ginjal. Ekstrak biji pepaya sering digunakan sebagai bahan obat herbal untuk penyakit ginjal. 
  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh, Vitamin A, C, dan E dalam pepaya bisa membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh. Hasilnya, tubuh bisa terhindar dari penyakit infeksi yang disebabkan virus. 
  • Mengurangi Peradangan, Pepaya mengandung enzim yang disebut papain dan chymopapain yang memiliki efek anti inflamasi dan mengurangi risiko menderita penyakit kronis. Enzim ini juga dapat mengobati masalah lain yang terkait dengan peradangan.
10. Buah Alpukat 
Alpukat merupakan jenis buah yang memiliki kandungan lemak tinggi, sekitar 20 kali lebih tinggi dibanding buah-buahan lain. Buah Alpukat mengandung Mineral, Vitamin dan Serat yang tinggi terutama Vitamin B, Vitamin C, Vitamin E, Vitamin K, Potassium (Kalium) dan Tembaga yang sangat bermanfaat bagi orang yang mengkonsumsinya. Dalam satu buah alpukat (sekitar 50 gram) terdapat mengandung 80 kalori, 8 gram lemak, 4 gram karbohidrat dan sekitar 1 gram protein. 
Lalu apa saja manfaat buah alpukat bagi kesehatan? 
  • Meningkatkan Energi, Alpukat merupakan sumber vitamin C, vitamin B3 (niacin), vitamin B6 (Pyridoxine) dan B9 (Folat) yang dapat meningkatkan energi dan melawan kelelahan. Vitamin C yang dapat membantu penyerapan zat besi dari makanan lain juga dapat mendukung peningkatan energi. 
  • Mencegah Osteoporosis,  Alpukat memiliki vitamin K, yang tak kalah pentingnya dari vitamin D dan kalsium dalam hal kesehatan tulang. Vitamin K akan meningkatkan penyerapan kalsium, sehingga kesehatan tulang bisa terjaga dengan maksimal. 
  • Menurunkan Resiko Depresi, Folat pada alpukat tak hanya mencegah mutasi DNA, namun juga menurunkan risiko depresi. Pasalnya, folat dapat mencegah penumpukan asam amino homosistein dalam tubuh. 
  • Mencerahkan Wajah, Alpukat merupakan sumber biotoin yang baik sehingga memiliki kekuatan untuk mencegah kulit kering dan mencerahkan wajah. Dan ketika kamu menggunakannya sebagai masker, maka secara alami kulit kamu akan langsung terhidrasi. 
  • Mengurangi Resiko Katarak, Alpukat kaya akan fitokimia, di antaranya adalah zeaxanthin dan lutein, yang bagus untuk kesehatan mata. Kedua fitokimia ini dapat mengurangi risiko kerusakan mata akibat sinar ultraviolet yang menyebabkan katarak pada mata.
11. Buah Durian 
Buah berbau tajam ini merupakan buah asli Indonesia dan meskipun baunya cukup menyengat, banyak pula orang yang dibuat ketagihan karena rasanya yang begitu khas dan nikmat. Selain memiliki rasa yang nikmat, buah durian ini ternyata mengandung nutrisi yang sangat baik dan penting dalam jumlah yang tinggi melebihi buah lain. Buah Durian ternyata paling banyak mengandung karbohidrat, lemak dan protein. Selain itu, Buah durian juga mengandung zat-zat lain seperti vit B, vit C, zat besi, kalium, magnesium, fosfor, seng, thiamin, riblofavin, omega 3 dan 6. Selain itu durian juga banyak mengandung phytonurient, polyphenol, phytosterol, antioksidan, organosulfur, dan tryptophan  
Lalu apa saja manfaat buah durian bagi kesehatan? 
  • Menjaga Kesehatan Kulit, Durian mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C merupakan faktor penting dalam pembuatan kolagen. Vitamin C memiliki peran penting dalam penyembuhan luka dan menjaga kesehatan kulit 
  • Merilekskan pembuluh darah, Durian kaya akan potasium, mineral penyeimbang kadar garam dan cairan di dalam tubuh. Ketika jumlah potasium mencukupi, pembuluh darah menjadi rileks, Pembuluh darah yang rileks berarti juga peningkatan oksigen di dalam darah. 
  • Membantu Atasi Disfungsi Seksual, Ada beberapa studi yang mengatakan, bahwa durian mampu mengintensifkan libido dan stamina seks, mengurangi kemungkinan infertilitas pada pria dan wanita, dan meningkatkan motilitas sperma. 
  • Meningkatkan Nafsu Makan, Durian juga kaya akan vitamin B yang berperan dalam meningkatkan nafsu makan dan membantu menghasilkan asam klorida dalam perut untuk membantu pencernaan makanan. 
  • Membantu Meredakan Migrain, Durian bisa membantu meredakan sakit migrain. Riboflavin adalah vitamin B yang terkandung dalam durian, yang dapat membantu meringankan sakit kepala migrain. 
  • Mengurangi Reaksi Tumor, Durian mengandung zat phytosterol. zat ini ternyata mampu menangkal tumor sehingga berguna untuk meminimalisir pertumbuhan tumor di dalam tumbuh.
12. Buah Tomat 
Buah tomat merupakan buah yang memiliki paduan rasa manis dan juga asam. Meskipun demikian, buah tomat terdapat berbagai macam vitamin didalamnya yang sangat bagus untuk tubuh. Salah satunya  vitamin C yang mengandung Lycopene (salah satu karotenoid kuat) yang bertindak sebagai antioksidan, buah tomat memiliki kandungan vitamin C paling banyak dibandingkan buah yang lainnya. Selain kaya akan vitamin C buah tomat juga kaya akan vitamin A (karoten), vitamin B (thiamin), vitamin B2 (ribiflavin), dan memiliki mineral mineral yang lain seperti protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor dan juga zat besi. 
Lalu apa saja manfaat buah tomat bagi kesehatan? 
Mencegah Kanker, Tomat kaya akan sumber antioksidan dan vitamin C yang membantu melawan radikal bebas melawan kanker. Kandungan lycopene yang tinggi pada tomat membantu mencegah kanker. 
Membantu Tulang Tetap Kuat, Vitamin K dan kalsium dalam tomat sangat baik untuk memperkuat dan memperbaiki tulang. Likopen dalam tomat juga telah diketahui dapat meningkatkan massa tulang, dan hal ini sangat baik untuk mencegah osteoporosis. 
Menjaga Kesehatan Jantung, Kandungan potasium dapat membantu tubuh menjaga kesehatan jantung selain itu kandungan serat, kalium, vitamin C, dan kolin dalam sebuah tomat sangat penting untuk jantung. 
Menjaga kesehatan rambut, Tomat diketahui bermanfaat bagi rambut. Vitamin A dalam tomat dapat bekerja untuk membuat rambut anda tetap kuat dan indah. 
Membantu Mengatur Gula Darah, Tomat dapat menjaga gula darah agar tetap seimbang. Tomat merupakan sumber yang baik dari kromium yang dapat membantu mengatur gula darah dalam tubuh. 
Nah, itulah kandungan vitamin C, nutrisi dan zat-zat lainnya dalam buah-buahan dan mempunyai manfaat kesehatan yang sangat baik untuk tubuh. Namun, yang perlu diperhatikan adalah buah yang sehat harus dimakan saat segar bila ingin mendapatkan nutrisi yang optimal. Jika dimakan dalam keadaan tidak segar maka akan gizinya pun bisa berkurang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

51 Daftar Isi Barang Dagangan Toko Kelentong

Ayo Pakai! Sepatu Futsal Nike, Adidas, Dan Specs Terbaru