Tips Memulai Buka Usaha Toko Kelentong Sukses


toko kelentong rumahan

Apabila anda ingin memulai sebuah usaha bisnis rumahan di lingkungan sekitar, dan terbilang bisa memberikan keuntungan cukup lumayan serta tidak terlalu sulit untuk mengelolannya. Akan tetapi anda masih bingung untuk memulai usaha bisnis apa yang akan dijalani. Maka toko kelentong merupakan salah satu usaha bisnis rumahan yang bisa anda coba. Sebab terbilang cukup lumayan dalam memperoleh keuntungan dan tidak terlalu sulit untuk menjalaninya. Toko Kelentong sendiri merupakan sebuah toko yang menjual aneka barang kebutuhan sehari hari. Seperti beras, telor, gula pasir, minyak goreng, mie instan, sabun mandi, sabun cuci, makanan ringan dan yang lainnya.

Untuk itu mencari supplier dengan harga termurah merupakan satu kunci sukses dalam memulai usaha ini. Dimana anda bisa membeli suatu produk barang dagangan dalam jumlah yang banyak dengan harga gosir, lalu anda bisa menjualnya dengan harga yang cukup tinggi, serta tidak mengurangi kualitas produknya.

Tentunya usaha ini cocok dilakukan untuk anda yang tak bisa melakukan aktivitas banyak diluar rumah karena harus mengurus anak atau memang hanya ingin membuatnya sebagai usaha sampingan.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan memulai bisnis usaha toko kelentong :

Menentukan Tempat dan Perlengkapan Toko
Memilih lokasi yang strategis merupakan syarat utama untuk menedirikan toko kelontong agar toko yang kita buka nantinya dapat maju dan berkembang sesuai dengan yang kita harapkan. Usahakanlah membuka usaha toko kelentong anda pada tempat strategis atau lingkungan sekitar yang ramai penduduknya. Karena itu merupakan suatu peluang yang cukup besar untuk membuka lahan usaha toko kelentong. Dan membuat usaha toko kelentong anda akan ramai pembeli karena banyaknya konsumen yang datang untuk berbelanja barang keperluan sehari hari.

Dan tak lupa juga dengan adanya perlengkapan dan peralatan toko terbilang sangat penting untuk menunjang pendapatan. Dengan memiliki perlengkapan toko yang memadai terbukti menaikan omzet sangat signifikan. Untuk itu cobalah anda sediakan perlengkapan dan peralatan ditoko anda seperti kalkulator, etalase, lemari pendingin, timbangan, rak makanan, galon air, tabung gas elpiji.

Menyesuaikan Modal yang di Miliki
Dalam membuka bisnis usaha toko kelontong modalnya bisa menyesuaikan dengan modal yang ada.  namun pada prinsipnya makin besar modalnya akan semakin bagus karena akan berpengaruh pada kelengkapan barang yang akan dijual di toko.

Mencari Distributor atau Supplier Glosir
Carilah distributor atau supplier-supplier dengan memberikan harga yang murah (glosir). Itu merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam usaha toko kelentong. Untuk itu carilah distributor atau supplier yang tepat, dengan memberikan harga barang yang lebih murah dan pastinya menyediakan barang dagangan lengkap untuk kebutuhan di toko kelentong anda.

Pengadaan Barang
Untuk Pengadaan barang di toko kelentong, anda bisa dilakukan 2 hari sekali atau sehari sekali. Anda harus mengutamakan belanja barang untuk kebutuhan pokok sehari hari yang paling cepat laku. Dan itu tergantung pada stok barang yang anda miliki, kemudian jangan sampai kehabisan stok barang karena sangat mempengaruhi penjualan di toko dan bisa membuat pembeli pindah ke toko lain.

Menentukan Harga
Umumnya yang menjadi daya tarik pembeli adalah harga yang terbilang murah dan sesuai harga pasaran. Untuk itu anda harus berusaha bagaimana caranya agar harga jual di toko anda dikenal murah dan tetap ada untungnya. Itu merupakan salah satu keberhasilan dalam usaha toko kelentong. Karena jika anda mengelola toko kelentong dengan harga yang baik maka akan terlihat bagaimana perjalanan usaha anda apakah mengalami keuntungan atau malah mengalami kerugian.

Pelayanan yang Optimal
Memberikan pelayanan yang baik menjadi salah satu alasan kenapa pembeli kembali datang untuk berbelanja di toko kelentong milik anda. Tak heran jika ada toko kelentong yang sanggup memberikan pelayanan terbaik kepada para pembelinya, kemudian akan lebih dipercaya dan diutamakan sebagai tempat berbelanja. Untuk itu setiap pelanggan yang datang harus diberi pelayanan terbaik agar mereka merasa nyaman dan puas ketika berbelanja. Misalnya ketika ada pembeli yang datang usahakan untuk memberikan sambutan dan senyuman yang membuat pembeli merasa nyaman berbelanja di toko kelentong anda.

Membuat Dekorasi Toko
Membuat dekorasi yang menarik pada toko merupakan salah satu daya tarik agar membuat pembeli terus datang. Salah satunya dalam penyusunan atau pengelompokan jenis barang yang dijual. Maka susunlah barang dagangan di toko kelentong anda dengan rapih dan tidak berantakan agar membuat nyaman pembeli untuk memilih barang yang akan dibeli. Caranya dengan merapikan barang dagangan sesuai dengan jenisnya yaitu mengelompokan antara barang yang berbahan sabun di rak yang berisi berbagai jenis sabun dan mengelompokan barang yang akan dikonsumsi sesuai jenisnya.

Menyediakan Tempat Penyimpanan
Menyediakan ruangan khusus untuk dijadikan gudang penyimpanan stok barang merupakan salah satu cara agar toko terlihat rapih dan bisa memperhatikan pengeluaran antara stok barang di gudang dan stok barang yang akan di jual. Untuk itu jangan menyimpan barang dagangan seluruhnya didalam toko karena akan membuat toko menjadi sesak dan berantakan yang nantinya membuat anda kesulitan melangkah untuk mengambil barang karena terhalang banyaknya barang dagangan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

51 Daftar Isi Barang Dagangan Toko Kelentong

12 Buah Yang Mengandung Vitamin C dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Ayo Pakai! Sepatu Futsal Nike, Adidas, Dan Specs Terbaru