Kreasi Dan Inovasi Cemilan Berbahan Tahu Yang Lezat Plus Gurih


Hayooo, siapa yang tak kenal Tahu? Pastinya sudah tau dong!
Sementara itu kita sudah mengetahui bahwa, Tahu adalah sumber protein yang baik karena terbuat dari kacang kedelai. Karenannya makanan rakyat yang satu ini memang banyak penggemarnya dengan harganya yang terbilang murah.
Menariknya, Tahu ini bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan lezat dan bergizi, lho. Mulai dari yang digoreng sampai dikukus juga ada kok. Dan apapun bentuk olahanya, yang penting olahan masakan berbahan utama tahu selalu berhasil menjadi lauk dan cemilan yang enak, tentunya bisa membut perut yang lapar jadi kenyang.
Lalu, apa saja sih olahan masakan dari tahu yang bisa nikmati? Pastinya banyak...
Nah, berikut beberapa ulasan mengenai makanan berbahan tahu yang pastinya lezat dan gurih. 
Siap-siap aja pada ngilernih sepertinya!

Tahu Gejrot
Image source: rumahmesin.com

Tahu gejrot adalah makanan khas Cirebon merupakan kreasi kuliner tradisional berbahan utamanya tahu. Makanan yang satu ini tak hanya enak dan menggugah selera, tetapi tahu gejrot juga sangat gurih sehingga bikin nagih.

Tahu gejrot sendiri terdiri dari tahu yang sudah digoreng kemudian dipotong agak kecil lalu dimakan dengan kuah yang bumbunya cabe, bawang putih, bawang merah, dan gula. Bagi yang sudah pernah mencicipinya, biasanya akan ketagihan dengan sensasi rasanya yang asam, manis, dan pedas.
Tahu Bulat
Image source: spesialresep.com

“Tahuuuu bulat… Digoreng dadakan, 500 an, hangat-hangat”.
Siapa sih yang tidak kenal dengan tahu bulat? Makanan yang terbilang unik dari segi bentuk yang sedang tren saat ini. Biasanya para pedagang menjajalkan tahu bulat ini dengan berkeliling menggunakan mobil dan berjualan secara pindah-pindah.
Rasanya yang enak dengan harga murah membuat tahu bulatini  sering beli dalam jumlah yang banyak. Kelezatan dan gurihnya taburan bumbu di tahu ini pas sekali sebagai cemilan di saat santai. Yuk cobain!
Tahu Goreng Krispi
Image source: resepkuekeringku.com

Untuk yang hobi nyemil makanan yang satu ini bisa di cobain! Tahu Goreng Crispi sangat cocok menjadi camilan disaat santai. Sesuai dengan namanya, tahu goreng krispi memiliki tekstur yang renyah diluar, tapi lembut di dalam.
Rasanya yang gurih membuat makanan ini banyak digemari. Agar semakin nikmat, bisa loh menambahkan tahu goreng krispi ini dengan bumbu berbagai rasa seperti balado, keju, pedas, manis dan asin.
Tahu Bulat Isi Makaroni
Image source: youtube.com

Jika biasanya menyantap tahu bulat dengan taburan bumbu balado! Itu sudah biasa. Kali ini ada kreasi unik dari tahu bulat yang membuat tampilanya jadi lebih spesial yaitu dengan isian makaroni didalamnya.
Terbukti, dari rasanya tahu bulat isi makaroni ini makin tambah lezat dan nikmat saja. Nah, saking populernya jajanan yang berawal dari tahu bulat ini, kini tersedia beragam kreasi unik lainnya yang tercipta dengan beragam isian didalamnya, seperti tahu bulat isi mie, telur puyuh, bakso, dan lainnya. Sangat Spesial bukan!
Nugget Tahu
Image source: keeprecipes.com

Pastinya ada yang tahu Nugget dong! Itu lho yang biasanya dibuat dengan bahan utama daging ayam, ikan atau daging lainnya. Namun kali ini ada kreasi makanan dari tahu yang unik, praktis dan pastinya sehat, yaitu Nugget tahu. 
Nggak cuma karena tahu lebih murah harganya dari daging, namun tahu juga masih mengandung banyak protein sebagai pengganti daging. Makanya makanan yang satu terkenal dengan rasaya yang gurih, lezat, dan nikmat. Makanan ini sangat pas sebagai lauk dan camilan disaat santai. Jangan lupa pakai saus tomatnya yaa biar makin enak!

Tahu Bakso
Image source: foody.id

Jika berkunjung ke Kota Semarang, Jawa Tengah, pasti tak asing dengan tahu bakso. Benar sekali, selain terkenal dengan lumpianya yang khas, Kota Semarang juga terkenal dengan tahu baksonya. Tahu bakso adalah makanan khas Semarang berupa tahu yang didalamnya diisikan adonan dari tepung, daging, dan sayuran. 

Menikmati Tahu bakso ini paling enak saat tahu nya masih hangat-hangat. Karena Tahu bakso ini mempunyai rasa lezat dan kenyal di setiap gigitanya, apalagi kalau di pakai saus dan kecap pasti rasanya akan lebih enak sekali.
Tahu Mercon
Image source: detik.com

Makanan yang satu ini cocok dinikmati bagi pecinta pedas. Untuk itu, makanan ini sesuai dengan namanya, tahu mercon yang memang membuat mulut dan lidah meledak seperti mercon petasan. Tahu mercon ini dibuat dengan isian berupa cabe, kol, wortel dan bahan lain, sehingga memiliki ciri khas dengan sensasi rasa gurih dan pedasnya yang sungguh berasa banget.
Hmm.. Jangan lupa siapkan minumanya yaaa!
Perkedel Tahu
Image source: resep dan masakan.com

Biasanya perkedel itu terbuat dari kentang, sekarang kamu bisa mencoba membuat perkedel berbahan dasar tahu. Perkedel tahu ini pastinya berbahan dasar dari tahu yang sudah dihaluskan dan dicampur dengan irisan sayuran.
Cara membuatnya sama persis dengan membuat perkedel kentang, yakni tahu dan sayuran dihaluskan dan diberi bumbu dan telur, lalu dibentuk bulat seperti perkedel. Setelah itu tinggal digoreng dan tunggu hingga matang. Wah pastinya lezat nih!
Tahu Aci
Imege source: tokopedia.com

Selanjutnya, makanan berbahan tahu yang satu ini berasal dari Kota Tegal lho. Tahu Aci adalah salah satu sajian kreasi yang tebuat dari tahu kuning yang dibelah tengah kemudian disisipi bahan isi tepung kanji yang sudah diberi bumbu penyedap lengkap dengan sayuranya lalu di goreng. Makanan ini mempunyai tekstur yang empuk di tambah kenyalnya tepung kanji yang sudah di bumbui yang membuat makanan ini terasa lezat dan gurih.
Wah, bisa jadi rekomendasi cemilan kalau berada di kota Tegal nih!
Tahu Brintik
Image source: cookpad.com

Sekilas, melihat Tahu Brintik tidak jauh berbeda dengan tahu krispi, dimana sama-sama memiliki bagian kulit tahu yang krenyess dan gurih ketika gigit. Hmm..Apapun itu yang penting cemilan ini enak dimakan! Setuju...
Tahu brintik mempunyai sensasi tersendiri saat memakanya, terutama pada saat gigitan pertamanya yaitu terasa sangat renyah dibagian kulitnya dan terasa lembut bagian dalamnya. Paling nikmat, makanan yang satu ini disajikan dengan saus sambal mayonaise, yang pastinya rasa tahu brintik ini makin terasa lezat.

Tahu Jeletot

Kalau buat makan makanan yang satu harus siap-siap mandi keringat nih! Karena Tahu jeletot ini pas banget buat kamu yang suka banget sama makanan pedas. Tapi meskipun rasanya pedas makanan ini tetap bikin ketagihan, lho.
Tahu dengan ukuran yang jumbo dan memiliki isian irisan kol, wortel, tauge, dan bumbu racikan cabai giling yang super pedas. Membuat setiap gigitan dari tahu jeletot ini mampu membuat mata menjadi melotot kepedesan.

Tahu Kukus
Image source: sajiansedap.id

Kalau gak suka kreasi makanan dari tahu yang berlemak karena digoreng? Tenang, masih ada kok makanan dari tahu yang jadi solusinya, yaitu Tahu kukus, pilihanya!

Tahu kukus ini berbahan dasar tahu putih yang dihancurkan lalu diberi berbagai macam bumbu rempah dan sayuran seperti irisan kol, wortel, seledri, dan daun bawang. Setelah itu adonan tersebut diletakkan pada loyang, lalu dikukus. Untuk lebih nikmatnya tahu kukus paling enak kalau di cocol dengan saus sambalnya. 

Nah, itulah berbagai olahan makanan dari tahu , sudah cobain yang mana saja nih? Mana yang jadi paling enak dan lezat? Pastinya lezat semuanya dong.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

51 Daftar Isi Barang Dagangan Toko Kelentong

12 Buah Yang Mengandung Vitamin C dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Ayo Pakai! Sepatu Futsal Nike, Adidas, Dan Specs Terbaru