Makanan Baik Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Makanan Baik Untuk Menjaga Kesehatan Mata
Makanan Sehat

Anda termasuk orang yang sering menatap layar komputer, laptop, atau gadget? sebaiknya Anda lebih hati-hati, karena bisa menurunkan daya penglihatan mata. Karena layar komputer, laptop, ataupun gadged itu dapat mengeluarkan sinar radiasi yang dapat membuat mata lelah, merah, kering, iritasi, hingga membuat pandangan kabur bila terpapar terlalu lama.

Mata merupakan salah satu dari lima indera yang sangat penting bagi manusia. Untuk itu, penglihatan mata merupakan hal yang penting dan harus dijaga kesehatannya. Memakan makanan yang baik untuk kesehatan mata juga salah satu cara untuk menjaga mata agar selalu sehat. Dengan memakan makanan kaya akan nutrisi yang mengandung banyak vitamin, lutein, asam lemak omega-3, zinc, antioksidan, dan lainya yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan mata.

Berikut ini makanan apa saja yang bermanfaat untuk kesehatan mata, seperti : 

1. Wortel 

Wortel menjadi salah satu sayuran yang berwarna orange terkenal dengan khasiatnya yang dapat menjaga kesehatan mata serta meningkatkan kemampuan penglihatan. Sebab wortel tinggi akan kandungan vitamin A dan beta-karoten yang bisa memperbaiki penglihatan. Selain itu, wortel juga bisa diolah menjadi masakan atau jus yang enak. 

2. Sayuran Hijau 

Sayuran hijau adalah salah satu makanan terbaik untuk kesehatan mata. Dengan mengandung begitu banyak vitamin, beta-karoten, lutein, zeaxanthin, antioksidan, dan lainya yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Menurut penelitian, berbagai sayuran hijau seperti brokoli, bayam, sawi, kale, dan lainya dapat menurunkan risiko pembentukan degenerasi makula, katarak, rabun jauh, rabun dekat, dan gangguan kesehatan lainya yang terjadi penglihatan. 

3. Jeruk 

Kandungan vitamin C yang terdapat di buah jeruk merupakan sebuah khasiat untuk menjaga kesehatan mata. Karena vitamin C dapat menguatkan jaringan ikat pada area mata dan memperlancar peredaran darah. Selain itu vitamin C juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga dapat mencegah terjadinya infeksi pada mata. 

4. Ikan Salmon 

Ikan salmon memiliki kandungan asam lemak omega-3, asam amino, serta vitamin A yang berguna untuk menjaga kesehatan mata. Karena lemak yang terdapat dalam ikan salmon merupakan lemak tak jenuh, hal ini membuatnya mudah untuk bisa dicerna oleh tubuh dengan baik. Beberapa penelitian menunjukan bahwa orang yang rutin mengonsumsi ikan salmon maka akan terhindar dari gangguan mata kering sehingga mata akan tetap sehat. 

5. Tomat 

Selain baik untuk kesehatan kulit, namun tomat juga punya manfaat untuk kesehatan mata. Karena tomat kaya akan vitamin A, vitamin C, dan lycopene yang sangat penting untuk mencegah gangguan kesehatan pada mata. 

6. Telur 

Telur merupakan salah satu jenis makanan yang populer dan mudah didapat. Selain itu telur juga memiliki berbagai kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan mata. Dalam satu butir telur mengandungan karotenoid yang ada di kuning telur sangat bermanfaat bagi kesehatan mata. Karotenoid dapat menurunkan risiko penyakit age-related degeneration dan katarak. Zat ini berperan sebagai antioksidan untuk mata, serta melawan radikal bebas yang dapat merusak beberapa bagian retina pada mata sehingga dapat mempengaruhi kemampuan penglihatan. 

7. Kacang-kacangan 

Kacang-kacangan merupakan salah satu sumber vitamin E dan omega-3 yang sangat penting untuk kesehatan mata. Mengonsumsi berbagai jenis kacang yang mengadung vitamin E dan omega-3 dalam jumlah yang teratur dapat membantu mencegah gangguan mata dan perlindungan terhadap berbagai penyakit mata. Jenis kacang diantaranya, kacang almond, kacang walnut, kacang tanah, kacang mete, dan lainya.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

51 Daftar Isi Barang Dagangan Toko Kelentong

12 Buah Yang Mengandung Vitamin C dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

38 Destinasi Wisata di Tangerang yang Menarik untuk Dikunjungi Saat Liburan Telah Tiba